Berubah Pikiran, Presiden Meksiko Tak Akan Divaksinasi

    Willy Haryono - 06 April 2021 13:37 WIB
    Berubah Pikiran, Presiden Meksiko Tak Akan Divaksinasi
    Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador saat berada di Mexico City pada 30 Maret 2021. (Pedro PARDO / AFP)



    Mexico City: Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menegaskan dirinya tak akan menerima suntikan vaksin Covid-19. Pernyataan disampaikan satu pekan usai dirinya berencana divaksinasi seperti masyarakat Meksiko lainnya.

    Ia mengaku mengubah keputusannya usai menerima opini medis kedua.






    "Mereka mengkaji kembali studi mengenai saya, dan menyimpulkan bahwa saya memiliki cukup antibodi sehingga untuk saat ini tidak perlu menerima vaksinasi," kata Lopez Obrador, dikutip dari laman Yeni Safak pada Selasa, 6 April 2021.

    Pada 24 Januari lalu, sang presiden mengumumkan kepada publik Meksiko bahwa dirinya terinfeksi Covid-19. Kala itu, ia mengalami beberapa gejala ringan tanpa adanya komplikasi berbahaya.

    Vaksinasi Covid-19 terhadap warga Meksiko berusia di atas 60 tahun telah dimulai bulan lalu. Otoritas kesehatan Meksiko menargetkan sebagian besar orang lanjut usia di seantero negeri sudah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 hingga akhir April ini.

    Rabu kemarin, Lopez Obrador mengumumkan bahwa dirinya akan divaksinasi pekan mendatang. Ia mengaku sedang menanti giliran sesuai rekomendasi sekelompok tenaga medis.

    "Saya akan divaksinasi pekan mendatang," ucap pria 67 tahun itu. "Saya tidak akan memberi tahu lokasinya, karena saya tidak mau membuat kerumunan," sambungnya.

    Namun kurang dari sepekan, Lopez Obrador mengubah keputusan itu. Ia mengatakan bahwa dirinya memiliki antibodi alami karena sudah pernah terjangkit Covid-19.

    Kendati begitu, ia tidak menutup kemungkinan mengenai vaksinasi Covid-19 jika nantinya akan ada rekomendasi lebih lanjut dari otoritas kesehatan Meksiko.

    Berdasarkan data terbaru situs pemantau Johns Hopkins University pada Selasa ini, total kasus Covid-19 di Meksiko telah melampaui 2,2 juta.

    Baca:  Revisi Angka Kematian Covid-19, Meksiko Naik ke Posisi 2 Dunia

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id