Presiden Chile Disuntik Vaksin Sinovac Bersama Grup Lansia

    Willy Haryono - 13 Februari 2021 09:35 WIB
    Presiden Chile Disuntik Vaksin Sinovac Bersama Grup Lansia
    Presiden Chile Sebastian Pinera disuntik vaksin Sinovac pada Jumat, 12 Februari 2021. (Chilean Presidential Palace/Handout)



    Santiago: Presiden Chile Sebastian Pinera disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 buatan perusahaan Sinovac pada Jumat, 12 Februari 2021. Vaksinasi dilakukan terhadap sang presiden dan kelompok orang lanjut usia berumur 71 tahun ke atas.

    Pinera disuntik vaksin Coronavac saat mengunjungi sebuah pusat kesehatan di Los Rios. Ia turut bergabung di tengah masyarakat demi menumbuhkan kepercayaan publik mengenai vaksinasi Covid-19.






    "Saya menyerukan kepada seluruh warga bahwa vaksin ini aman dan efektif," kata Pinera kepada awak media usai disuntik vaksin.

    "Kami telah melakukan upaya keras agar seluruh warga Chile dapat divaksinasi," sambungnya, dikutip dari laman Xinhua.

    Baca:  Vaksin Sinovac Raih Izin Penggunaan Umum di Tiongkok

    Program vaksinasi nasional di Chile, diluncurkan sejak 24 Desember lalu, awalnya hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Vaksinasi kemudian diperluas ke kelompok-kelompok lain di tengah masyarakat demi memulihkan sektor kesehatan dan perekonomian Chile.

    Pinera menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 penting dalam upaya memulihkan "kehidupan bermasyarakat."

    Hingga Kamis kemarin, total 1.550.594 juta orang telah menerima vaksin Covid-19 di Chile. Angka tersebut merupakan bagian dari 5 juta warga Chile yang ditargetkan sudah divaksinasi pada kuartal pertama tahun ini.

    Pasokan vaksin Sinovac tiba di Chile pada Januari lalu. Tambahan dosisnya akan dikirim ke Chile dalam beberapa pekan ke depan.

    Pemerintahan Chile di bawah Pinera berencana memvaksinasi sekitar 15 juta orang di enam bulan pertama 2021. Program vaksinasi ini akan didukung sekitar 35 juta dosis vaksin Covid-19 dari berbagai perusahaan.

    Saat ini Chile sedang menghadapi gelombang baru infeksi covid-19, terutama di wilayah utara dan selatan negara. Menurut laporan Kementerian Kesehatan, Chile mencatat total 764.307 infeksi covid-19 dengan 19.262 kematian hingga Kamis kemarin.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id