Putin: Ketegangan Palestina-Israel Ancaman Langsung terhadap Rusia

    Willy Haryono - 15 Mei 2021 20:03 WIB
    Putin: Ketegangan Palestina-Israel Ancaman Langsung terhadap Rusia
    Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP)



    Moskow: Presiden Vladimir Putin mengingatkan bahwa ketegangan yang terjadi antara Palestina dan Israel saat ini merupakan ancaman langsung terhadap "keamanan Rusia." Dalam pertemuan dengan Dewan Keamanan Rusia, Putin menyebut bahwa konflik terkini di Timur Tengah "berlokasi tak jauh dari perbatasan kita."

    "Konflik ini secara langsung berpengaruh terhadap kepentingan keamanan kita," ujar Putin, dikutip dari laman Asharq al-Awsat pada Sabtu, 15 Mei 2021.

     



    Pernyataan disampaikan di saat pasukan Israel dan kelompok Hamas terus terlibat aksi saling serang. Serangan udara Israel telah menewaskan setidaknya 144 orang di Gaza, sementara korban tewas roket Hamas dilaporkan mencapai delapan orang.

    Dewan Keamanan PBB dijadwalkan menggelar pertemuan darurat pada Minggu besok terkait isu Palestina-Israel. Sejumlah pengamat kebijakan Rusia menilai, Moskow mungkin akan mengajukan proposal dalam pertemuan besok.

    Kamis kemarin, Putin dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah menyampaikan pernyataan gabungan mengenai ketegangan Palestina-Israel.

    "Rusia, sebagai anggota permanen DK PBB dan anggota Kuartet Timur Tengah, terus mendorong penyelesaian konflik secara komprehensif dan berkelanjutan sesuai resolusi DK PBB," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

    Sementara itu di Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengajak Putin untuk memberi "pelajaran" kepada Israel.

    Pihak kepresidenan Turki menyampaikan komunikasi antara kedua kepala negara dilakukan sejalan dengan langkah Turki mengupayakan tindakan internasional terhadap Israel.
     
    "Komunitas internasional harus memberi Israel pelajaran yang kuat dan mencegah perilaku mereka terhadap Palestina," tutur Erdogan.

    Baca:  Erdogan Ajak Presiden Rusia Beri Pelajaran ke Israel

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id