Jerman Hibahkan Bantuan Rp1 Triliun untuk 16 Proyek Kerja Sama di Indonesia

    Marcheilla Ariesta - 23 Juni 2021 18:20 WIB
    Jerman Hibahkan Bantuan Rp1 Triliun untuk 16 Proyek Kerja Sama di Indonesia
    Ilustrasi Bendera Jerman. Foto: AFP.



    Jakarta: Indonesia dan Jerman menandatangani nota kesepakatan sejumlah proyek kerja sama teknis bilateral. Total nilai hibah tersebut sebanyak 59,4 juta euro (setara Rp1 triliun) untuk 16 proyek di bidang energi, infrastruktur dan pembangunan ekonomi.

    "Dengan total nilai hibah 59,4 juta Euro, terdapat 16 proyek yang didanai Pemerintah Jerman di bidang energi terbarukan, infrastruktur hijau, kehutanan dan perubahan iklim, pembangunan ekonomi berkelanjutan, Pendidikan dan Pelatihan Vokasi (TVET), serta tata pemerintahan," kata Kedutaan Besar Jerman di Indonesia dalam pernyataannya, Rabu, 23 Juni 2021.

     



    Dari 16 proyek, 15 diantaranya didanai Kementerian Federal Jerman untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ). Sedangkan satu proyek lainnya didanai Kementerian Lingkungan Hidup, Konservasi Alam dan Keamanan Nuklir (BMU).

    Selain itu, ada juga kerja sama bilateral baru yang terdiru dari beberapa proyek, antara lain pembangunan infrastruktur hijau yang mendukung upaya Indonesia dalam mengurangi emisi karbon berkelanjutan. Ini sejalah dengan Inisiatif Infrastruktur Hijau Jerman-Indonesia.

    Proyek tersebut akan berfokus untuk mempromosikan pembangunan infrastruktur ramah iklim di Indonesia pada tiga sektor, yakni pengelolaan sampah padat, pengelolaan limbah air, dan angkutan umum perkotaan.

    Baca juga: Penduduk Kota Maxen di Jerman Rayakan Peringatan 120 Tahun Raden Saleh

    Lalu ada proyek pencegahan korupsi di sektor kehutanan yang bertujuan mencapai kontribusi nasional dalam konservasi hutan dan memerangi kejahatan di sektor kehutanan Papua. Kemudian proyek perlindungan sosial adaptif, yang mendukung Indonesia dalam melindungi penduduk akan perubahan iklim dan bencana alam.

    "Proyek rantai pendingin berbasis energi tenaga surya untuk ekonomi yang ramah lingkungan, bertujuan menciptakan kerangka teknologi dan pasar untuk pengurangan emisi CO2 jangka panjang di sektor pendinginan dan energi di Indonesia," lanjutnya.

    Pemerintah Jerman juga mendukung Indonesia di bidang iklim dan keanekaragaman hayati dalam proyek kerja sama Climate and Biodiversity Hub Indonesia. Proyek ini bertujuan mendukung Indonesia dalam memperkuat pengarusutamaan dan implementasi kebijakan iklim dan keanekaragaman hayati.

    Kerja sama pembangunan antara Indonesia dan Jerman telah terjalin sejak tahun 1958. Semenjak itu, Jerman telah memberikan kontribusi kepada Indonesia dalam berbagai bidang guna mendukung pembangunan Indonesia.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id