comscore

Indonesia Ambil Bagian dalam Festival Fete de la Musique di Berlin

Andi Tinellung - 25 Juni 2022 19:09 WIB
Indonesia Ambil Bagian dalam Festival Fete de la Musique di Berlin
Penampilan Angklung Orchestra Berlin di Rumah Budaya Indonesia, Berlin, Jerman. (Foto: Andi Tinellung)
Berlin: Mengawali musim panas, kota Berlin di Jerman kembali menggelar Fete de la Musique atau festival musik yang merupakan cikal bakal lahirnya Hari Musik Sedunia. Acara yang berasal dari Perancis ini selalu dilaksanakan di Berlin setiap tanggal 21 Juni sejak tahun 1995. 

Tahun ini, Indonesia kembali mengambil bagian dalam ajang Fete de la Musique dengan menampilkan beberapa musik tradisional yang dilaksanakan di Rumah Budaya Indonesia (RBI), Berlin, Jerman.
WNI dan warga Jerman yang hadir di Rumah Budaya Indonesia dihibur dengan suguhan Gamelan Jawa oleh Kelompok Gamelan Lindhu Raras, Gamelan Bali oleh Kelompok Gamelan Puspa Githa Pertiwi dan beberapa lagu daerah, seperti Butet, Sigulempong, O Tano Batak, Yamko Rambe Yamko dan Leleng oleh Angklung Orchestra Berlin.

Angklung Orchestra Berlin juga mempersembahkan lagu-lagu internasional, antara lain Beauty And The Beast, If I Were A Boy, Hijo De La Luna, Mon Meilleur Amour dan Irgendwie, Irgendwo, Irgendwann. Penonton yang hadir diberi kesempatan untuk mengikuti workshop angklung oleh Aei Jei, pimpinan sekaligus pelatih Angklung Orchestra Berlin.

Tari Bali dan Tari Maumere juga turut ditampilkan untuk menambah kemeriahan Fete de la Musique di Rumah Budaya Indonesia, Berlin.

Bimo Dwi Jatmiko, mahasiswa Indonesia di Berlin yang dijumpai Medcom.id pada acara tersebut, mengaku senang bisa ikut serta membantu pelaksanaan Fete de la Musique yang juga bertepatan dengan Hari Musik Sedunia. 

"Kita ingin melestarikan budaya Indonesia meskipun kita jauh dari Indonesia dan lebih mengajarkan lagi budaya Indonesia kepada masyarakat Jerman," harap Bimo, yang juga merupakan Ketua Divisi Seni Budaya Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Berlin.

Fete de la Musique tahun ini berlangsung di lebih dari 100 lokasi, baik ruang terbuka maupun di dalam ruangan. Lebih dari 300 acara musik memeriahkan festival ini di seluruh distrik kota Berlin, dan untuk pertama kalinya, Fete de la Musique tahun ini juga digelar di area Brandenburg Gate yang merupakan ikon ibu kota Jerman.

Baca:  Angklung Kontemporer Indonesia Ramaikan Festival Musik di Kaledonia Baru


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id