comscore

Mengadu ke Jokowi, Zelensky Katakan Rusia Telah Memeras Dunia

Fajar Nugraha - 30 Juni 2022 01:05 WIB
Mengadu ke Jokowi, Zelensky Katakan Rusia Telah Memeras Dunia
Presiden Joko Widodo saat melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, 29 Juni 2022. Foto: Kantor Presiden Ukraina
Kiev: Selama pembicaraan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Volodymyr Zelensky di Kiev, Ukraina, kedua pemimpin membahas isu-isu utama dalam agenda global.

Pertama-tama, perhatian diberikan untuk mencabut blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina. Ini termasuk pula melanjutkan ekspor produk pertanian domestik secara penuh.
"Rusia memeras dunia dengan kelaparan. Mereka memblokir pasokan makanan dari Ukraina, yang memainkan peran menstabilkan pasar dunia,” ujar Presiden Zelensky dalam konferensi pers bersama, yang disiarkan online oleh Kantor Presiden Ukraina, Rabu 29 Juni 2022.
 
Baca: Jokowi Berharap Konflik Ukraina-Rusia Reda Sebelum KTT-G20.


“Puluhan juta ton gandum dari Ukraina harus sampai ke konsumen, khususnya masyarakat Indonesia," Zelensky menekankan.

Kepala Negara juga mengumumkan kesepakatan untuk meluncurkan bebas visa antara Ukraina dan Indonesia.

"Ini kabar baik. Ini penting bagi negara kita dari semua sudut pandang untuk ekonomi, pembangunan sosial, pendidikan, hubungan manusia," tegas Presiden Ukraina itu.

Kepedulian Indonesia

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ini merupakan wujud kepedulian Indonesia terhadap Ukraina.
 
"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelensky selepas pertemuan.

Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Jokowi menyampaikan pentingnya penyelesaian konflik dengan jalan damai.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ucap mantan Wali Kota Solo itu.
 
Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan, termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kiev.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id