comscore

Hujan 'Destruktif' di Ekuador Tewaskan 52 Orang, 100 Terluka

Willy Haryono - 27 Maret 2022 11:27 WIB
Hujan Destruktif di Ekuador Tewaskan 52 Orang, 100 Terluka
Petugas dan relawan membersihkan tumpukan lumpur usai terjadinya banjir di Quito, Ekuador, 2 Februari 2022. (Rodrigo BUENDIA / AFP)
Quito: Hujan deras 'destruktif' yang berlangsung lama dan intens di Ekuador telah menewaskan 52 orang dan membuat 100 lainnya terluka. Menurut keterangan Badan Manajemen Risiko Nasional Ekuador pada Sabtu, 26 Maret, hujan deras yang memicu banjir serta tanah longsor telah berimbas buruk kepada lebih dari 27 ribu warga dalam enam bulan terakhir.

"Setiap provinsi Ekuador terkena dampak hujan deras, kecuali kepulauan Galapagos yang berjarak sekitar 1.000 kilometer dari lepas pantai," kata badan tersebut, dikutip dari TRT World, Minggu, 27 Maret 2022.
Disebut sebagai hal yang sangat tidak biasa, hujan deras tanpa henti telah menghancurkan atau merusak lebih dari 5.400 hektare lahan pertanian di Ekuador.

Tidak hanya itu, sekitar 6.240 rumah, sekolah dan klinik kesehatan juga rusak terkena dampak hujan.

Pada 31 Januari lalu, banjir dan tanah longsor di ibu kota Quito telah menewaskan 28 orang dan membuat 52 lainnya terluka.

Bencana tersebut diakibatkan hujan deras dengan intensitas tinggi yang belum pernah dilihat sebelumnya dalam dua dekade terakhir.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim memperburuk risiko hujan deras di seluruh dunia, karena atmosfer yang lebih hangat dapat menampung lebih banyak air di udara.

Baca:  Banjir Bandang Terjang Ekuador, 24 Orang Meninggal Dunia

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id