Menkes AS Tegaskan Warganya Prioritas Utama Vaksin Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 10 Agustus 2020 17:02 WIB
    Menkes AS Tegaskan Warganya Prioritas Utama Vaksin Covid-19
    Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar saat dalam kunjungan ke Taiwan. Foto: AFP
    Taipei: Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar mengatakan, setiap vaksin atau pengobatan AS untuk virus korona (covid-19) akan dibagikan secara adil dengan seluruh dunia. Namun, hal tersebut akan dilakukan setelah kebutuhan di dalam Negeri Paman Sam itu terpenuhi.

    Ada lebih dari 200 kandidat vaksin covid-19 yang sedang dikembangkan di seluruh dunia, termasuk lebih dari 20 dalam uji klinis pada manusia. Presiden AS Donald Trump berjanji untuk bersiap-siap menerima vaksin sebelum akhir tahun.

    "Prioritas pertama kami tentu saja mengembangkan dan memproduksi cukup banyak vaksin dan terapi yang disetujui FDA yang aman dan efektif digunakan di Amerika Serikat," kata Azar kepada awak media, seperti dikutip Channel News Asia, Senin, 10 Agustus 2020.

    "Tapi kami mengantisipasi untuk memiliki kapasitas (lebih) setelah kebutuhan tersebut terpenuhi. Produk-produk itu akan tersedia di komunitas dunia sesuai dengan distribusi yang adil dan merata yang akan kami konsultasikan di komunitas internasional," imbuhnya.

    Sayangnya, dia tak menjelaskan lebih lanjut.

    AS memang merupakan salah satu negara yang vaksin dari perusahaan di sana tengah diuji coba klinis tahap ketiga, yakni pada manusia. Jika memang sudah terbukti, maka nantinya vaksin-vaksin akan diproduksi massal dan didistribusikan ke seluruh dunia.

    Saat ini, kehadiran vaksin tengah dinantikan. Pasalnya, sebanyak 19.871.795 orang di seluruh dunia, terinfeksi covid-19. Paling banyak berada di AS, yaitu 5.044.864 orang.

    Dari angka tersebut, 731.503 orang di seantero dunia meninggal dan 12.123.988 orang dinyatakan sembuh. Lagi-lagi AS merupakan negara dengan angka kematian akibat covid-19 tertinggi, diikuti Brasil dan Meksiko.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id