Lima Orang Tewas dalam Badai Thalia di Yunani

    Willy Haryono - 10 Agustus 2020 08:45 WIB
    Lima Orang Tewas dalam Badai Thalia di Yunani
    Material lumpur memenuhi salah satu ruas jalan di desa Politika, pulau Evia, Yunani. (Foto: AFP)
    Evia: Sedikitnya lima orang tewas dalam banjir yang dipicu Badai Thalia dan hujan deras di pulau Evia, Yunani. Otoritas setempat mengatakan, tiga dari lima korban adalah bayi berusia delapan bulan dan dua orang lanjut usia.

    Tim penolong menemukan jasad ketiga korban di beberapa rumah di desa Politika. Upaya pencarian masih terus dilanjutkan untuk menemukan dua orang yang dinyatakan hilang.

    Dikutip dari BBC, Minggu 9 Agustus 2020, otoritas Evia mengatakan, bayi berusia delapan tahun itu meninggal usai rumahnya terendam banjir. Kedua orangtua bayi berhasil diselamatkan petugas.

    Banjir di pulau Evia telah memblokade sejumlah ruas jalan dan merusak permukiman warga. Evia adalah pulau yang terletak di timur laut ibu kota Athena.

    Seorang pria dan wanita berusia 80-an tahun ditemukan tak sadarkan diri di dua rumah terpisah di Evia. Keduanya kemudian dinyatakan meninggal setelah sempat dibawa ke rumah sakit.

    Dua jasad lainnya telah ditemukan, namun belum dapat diidentifikasi. Puluhan orang telah dievakuasi dari lokasi terdampak banjir di Evia, dan petugas menggunakan buldozer untuk mengangkut warga yang terjebak ke lokasi aman.

    Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis telah mengekspresikan "rasa duka mendalam" atas kematian akibat banjir di Evia. Ia mengaku akan segera mengunjungi pulau tersebut pada Senin ini.

    Wakil Menteri Perlindungan Sipil Yunani Nikos Hardalias mengatakan kepada awak media bahwa dirinya berduka kepada "warga yang tidak dapat selamat dari bencana ini."

    "Kami tengah menghadapi sebuah fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Hardalias.

    Badai Thalia menghantam sejumlah wilayah di pulau utama Yunani pada Sabtu kemarin, namun situasinya membaik satu hari kemudian. Terjangan Badai Thalia telah membuat dua sungai di Evia meluap dan membuat banyak ruas jalan dipenuhi lumpur.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id