Rusia Siapkan Parade Kemenangan Perang Dunia II

    Willy Haryono - 24 Juni 2020 08:20 WIB
    Rusia Siapkan Parade Kemenangan Perang Dunia II
    Seorang prajurit menaiki tank T-90 dalam latihan parade militer di Moskow, 18 Juni 2020. (Foto: Kirill Kudryavtsev/AFP/Getty)
    Moskow: Rusia berencana menggelar parade kemenangan Perang Dunia II pada hari ini, Rabu 24 Juni 2020. Parade militer ini, atau disebut juga dengan parade Hari Kemenangan, seharusnya digelar pada 9 Mei lalu.

    Presiden Rusia Vladimir Putin menunda parade kemenangan karena adanya pandemi virus korona (covid-19).

    Sudah 75 tahun berlalu sejak Uni Soviet mengalahkan Nazi Jerman. Perang Dunia II telah menewaskan lebih dari 20 juta prajurit Soviet.

    Dikutip dari BBC, Moskow telah melonggarkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) bulan ini, sehingga parade militer dapat terwujud. Parade ini nantinya akan melibatkan sejumlah tank dan misil jarak jauh.

    Parade tahunan -- dimulai pukul 10.00 waktu setempat -- selalu menjadi kesempatan bagi Putin untuk mengobarkan semangat patriotik dan kebangsaan. Pada 2008, Putin mulai memperkenalkan kembali persenjataan berat dalam parade Hari Kemenangan.

    Nazi Jerman menyerah kepada pasukan Sekutu -- Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Soviet -- pada 8 Mei 1945. Namun selama ini Rusia dan pecahan Soviet lainnya memperingati Hari Kemenangan pada 9 Mei.

    Tahun ini akan menjadi parade spesial bagi Putin karena Rusia akan menggelar referendum amandemen konstitusi pada Kamis 25 Juni hingga 1 Juli mendatang. Jika amandemen konstitusi disahkan, Putin berkesempatan untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden.

    Secara teknis, perkumpulan massa masih dilarang di Moskow, karena jumlah kasus harian covid-19 masih relatif tinggi dari hari ke hari. Selasa kemarin, angka kasus harian covid-19 di Moskow melewati 1.000.

    Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin telah meminta warga untuk tetap berada di rumah dan menonton parade melalui televisi.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id