Saat Debat, Pence Kembali Salahkan Tiongkok Atas Pandemi Covid-19

    Fajar Nugraha - 08 Oktober 2020 11:23 WIB
    Saat Debat, Pence Kembali Salahkan Tiongkok Atas Pandemi Covid-19
    Wapres AS Mike Pence dalam debat cawapres salahkan Tiongkok terkait virus korona. Foto: AFP
    Salt Lake City: Isu Tiongkok muncul dalam debat Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) antara Mike Pence dan Kamala Harris. Dalam debat kali ini, Mike Pence kembali menyalahkan Tiongkok atas pandemi virus korona.

    Serupa dengan Presiden AS Donald Trump, Pence yang merupakan wakilnya menegaskan kembali bahwa Tiongkok berandil besar atas penyebaran covid-19 secara global. Selama ini, pemerintahan Trump dianggap lamban menangani covid-19 dan Tiongkok kerap menjadi kambing hitam.

    "Pertama dan terpenting, Tiongkok yang harus disalahkan atas virus korona," kata Pence, pada 8 Oktober 2020.

    “Dan Presiden Trump tidak senang tentang itu. Dia menjelaskannya dengan sangat jelas,” tegas Pence.

    Sebelumnya kedua kandidat beradu pendapat mengenai perang dagang AS-Tiongkok yang diinisiasi oleh Trump. Harris menyatakan bahwa Trump kalah dalam perang dagang dengan Tiongkok.

    Harris mengecam pemerintah Trump atas tarif yang diberlakukan di Tiongkok, dengan alasan bahwa tindakan pembalasan yang diterapkan Negeri Tirai Bambu pada barang-barang Amerika telah merugikan Amerika Serikat 300.000 pekerjaan manufaktur dan memaksa petani tidak dapat menjual hasil panen mereka ke luar negeri hingga bangkrut.

    Pence yang tampak terkejut mengatakan bahwa sebenarnya mantan Wakil Presiden Joe Biden yang bertanggung jawab atas kekalahan Amerika Serikat dari Tiongkok.

    "Kalah perang dagang dengan Tiongkok?” dia berkata. “Joe Biden tidak pernah melawannya. Joe Biden telah menjadi pemandu sorak bagi Komunis Tiongkok selama beberapa dekade terakhir,” ungkapnya.

    Maka dimulailah percakapan singkat tentang dekade terakhir kebijakan manufaktur Amerika, dengan Harris mengutip pemerintahan Obama atas bailout industri otomotif. Sementara Pence berpendapat Obama dan Biden tidak berbuat banyak untuk membendung kerugian negara itu.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id