Kekacauan Vaksinasi Jerman, Pasokan Vaksin Covid-19 ‘Menghilang’

    Fajar Nugraha - 11 Januari 2021 18:14 WIB
    Kekacauan Vaksinasi Jerman, Pasokan Vaksin Covid-19 ‘Menghilang’
    Distribusi vaksin covid-19 di Jerman alami kekacauan. Foto: AFP
    Berlin: Bangga dengan reputasi nasional mereka mengenai efisiensi, Jerman justru mengalami kesulitan untuk distribusi vaksin covid-19. Mereka semakin frustrasi dengan lambannya peluncuran vaksin covid-19 yang dibantu oleh para ilmuwan.

    Pasokan vaksin yang langka, dokumen yang tidak praktis, kurangnya staf perawatan kesehatan dan populasi yang lanjut usia menghambat upaya untuk mendapatkan dosis awal vaksin yang dibuat oleh Pfizer yang berbasis di AS dan mitra Jerman, BioNTech ke pelukan masyarakat. Pemerintah Jerman mengatakan mereka telah mempersiapkan semua.

    “Jerman telah mendirikan ratusan pusat vaksinasi di gedung olahraga dan arena konser dan memiliki infrastruktur untuk memberikan hingga 300.000 suntikan sehari,” kata Menteri Kesehatan Jens Spahn, seperti dikutip AFP, Senin 11 Januari 2021.

    Tetapi mayoritas dari pusat vaksinasi dalam kondisi kosong pasokan vaksin. Sebagian besar negara bagian tidak berencana untuk membuka pusat perawatan sampai pertengahan Januari karena mereka memprioritaskan pengiriman tim bergerak ke panti jompo.

    Sehari yang dihabiskan oleh tim vaksinasi di kota kecil Dillenburg, 100 kilometer di sebelah utara ibu kota keuangan Jerman, Frankfurt, menunjukkan betapa melelahkannya tugas tersebut.

    Salah satu contoh, tim memulai dengan memasukkan kotak pendingin berisi 84 dosis vaksin Pfizer yang dicairkan semalaman ke dalam ambulans yang menunggu. Kemudian mereka berangkat ke Rumah Perawatan Jompo Elisabeth.

    Di sana tim vaksinasi bertemu dengan manajer Peter Bittermann, yang telah menangani formulir yang diperlukan untuk memvaksinasi penduduk dan staf, dan menyediakan ruang untuk suntikan yang akan diberikan dan penerima dipantau setelah vaksinasi.

    Tim imunisasi yang beranggotakan empat orang, ditambah dua peserta pelatihan, hanya memiliki beberapa jam untuk mengeluarkan vaksin Pfizer yang peka suhu sebelum tidak lagi layak untuk digunakan.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id