KBRI Panama City Bantu Pulangkan 7 ABK WNI

    Medcom - 03 Maret 2021 11:17 WIB
    KBRI Panama City Bantu Pulangkan 7 ABK WNI
    KBRI Panama City mengantarkan 7 ABK WNI ke Bandara Tocumen Panama pada 27 Februari 2021. (KBRI Panama City)



    Panama City: KBRI Panama City kembali membantu kepulangan 7 anak buah kapal warga negara Indonesia (ABK WNI) yang bekerja di kapal ikan Ecce Homo Divino milik Presquera Ecce Homo S.L. dari Panama. Para ABK WNI tersebut berangkat ke Indonesia menggunakan pesawat KLM Airline melalui Amsterdam, Belanda, menuju Jakarta dengan ketibaan pada 1 Maret kemarin.

    Dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa, 2 Maret 2021, biaya pemulangan ketujuh ABK WNI seluruhnya ditanggung pihak perusahaan Presquera Ecce Homo S.L.






    Perwakilan KBRI Panama mengantarkan hingga ke bandara Tocumen Panama. Pihak KBRI juga membagikan makanan, masker, dan hand sanitizer untuk dibawa para ABK dalam perjalanan pulang.

    Fungsi Protkons KBRI Panama City juga berkesempatan berbincang untuk memastikan semua dokumen lengkap dibawa ABK ke Indonesia.

    Selain itu, KBRI Panama City juga memastikan proses kepulangan para ABK WNI berjalan lancar, lewat koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait di Panama maupun otoritas di Jakarta.

    Sebelumnya pada 17 Februari lalu, 13 ABK WNI yang bekerja di Kapal Playa Muino Vello milik perusahaan Spanyol tiba di Indonesia. Pemulangan para ABK WNI itu juga dibantu pihak KBRI Panama City.

    Duta Besar RI untuk Panama, Sukmo Harsono, meminta para ABK WNI untuk ke depannya berhati-hati dalam bekerja dan memilih perusahaan.

    "Sudah banyak ABK WNI yang mengalami masalah karena tidak mempelajari betul status pekerjaan dan kontrak, serta negara yang dituju, sehingga ABK WNI mengalami kerugian material bahkan mental," ucapnya.

    Baca:  KBRI Panama City Kembali Repatriasi 13 ABK WNI

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id