Profil Singkat Enam Orang Pilihan Joe Biden dalam Kabinet

    Juven Martua Sitompul - 25 November 2020 06:41 WIB
    Profil Singkat Enam Orang Pilihan Joe Biden dalam Kabinet
    Anthony Blinken dipilih oleh Joe Biden sebagai Menteri Luar Negeri AS. Foto: AFP
    Delaware: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden umumkan anggota tim keamanan nasional dan kebijakan luar negeri. Tim ini diisi oleh sosok berpengalaman dan sempat masuk dalam pemerintahan Barack Obama.

    Namun siapa saja sosok keenam orang yang dianggap berbeda jauh dari pemerintahan Donald Trump ini. Berikut profil singkat dari keenam orang itu yang dirangkum oleh Medcom.id, Rabu 25 November 2020:

    1. Anthony Blinken

    Joe Biden memilih Anthony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri dalam pemerintahannya. Dia sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri di era pemerintahan Obama.

    Seorang pembantu Biden di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Blinken telah menjabat sebagai penasihat urusan luar negeri Biden. Dia menjabat sebagai wakil menteri luar negeri selama pemerintahan Obama, serta wakil penasihat keamanan nasional. Baru-baru ini, dia menjabat sebagai Direktur Pelaksana di Penn Biden Center, sebuah pusat kebijakan internasional di Universitas Pennsylvania. Dia juga menjadi penulis opini yang berkontribusi untuk The New York Times.

    2. Alejandro Mayorkas

    Seorang pengacara Kuba-Amerika, Mayorkas bertanggung jawab memimpin layanan Imigrasi dan Kewarganegaraa di departemen di bawah Presiden Obama. Dia juga menjabat sebagai jaksa federal di California tengah. Di bawah kepemimpinan Obama, Mayorkas dianggap sebagai alat dalam menegosiasikan nota kesepahaman dengan Kuba.

    Mayorkas melihat Kementerian Keamanan Dalam Negeri memiliki misi mulia dalam memajukan "sejarah kebanggaan kami sebagai negara yang disambut”. Ini kontras dengan upaya pemerintahan Trump untuk menindak semua bentuk imigrasi.

    3. Avril Haines

    Mantan Deputi Direktur CIA dan mantan wakil penasihat keamanan nasional, Haines telah memegang beberapa jabatan di Universitas Columbia sejak meninggalkan pemerintahan Obama.

    Biden menunjuk Haines sebagai Direktur Intelijen Nasional dan dia akan menjadi perempuan pertama yang akan memimpin lembaga tersebut.

    Haines mengatakan dia "tidak pernah menghindar dari berbicara kebenaran kepada penguasa" dan bahwa dia menerima nominasi "mengetahui bahwa Anda tidak akan pernah ingin saya melakukan sebaliknya”.

    4. Jake Sullivan

    Jake Sullivan, pilihan menjadi pilihan Biden untuk menjadi Penasihat Keamanan Nasional. Dia akan menjadi orang termuda yang mengoordinasikan tim keamanan nasional dalam beberapa dekade.

    Sullivan yang saat ini berusia 43 tahun, bekerja untuk Hillary Clinton saat dia menjabat sebagai Menlu AS dan menjadi staf Biden saat menjadi Wakil Presiden.


    5. John Kerry

    Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan menjadi ‘Kaisar Perubahan Iklim’ di pemerintahan Biden. Tim transisi Biden mengatakan bahwa Kerry akan berkomitmen "memerangi perubahan iklim." Mantan Menlu di era Barack Obama itu juga akan menjadi pejabat pertama di AS yang didedikasikan khusus untuk urusan perubahan iklim di Dewan Keamanan Nasional AS.


    6. Linda Thomas-Greenfield

    Seorang diplomat karier dan pilihan Biden untuk menjadi Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

    Tumbuh di Louisiana, Thomas-Greenfield mengaku belajar memahami kesulitan dan akan memimpin misi AS di PBB di saat ketegangan rasial merebak di dalam negeri.

    Veteran 35 tahun dalam diplomasi AS ini sempat memimpin Biro Urusan Afrika di Kemenlu AS selama pemerintahan Barack Obama. Dia juga pernah menjabat direktur jenderal kemenlu AS dan juga Duta Besar untuk Liberia. Thomas-Greenfield tidak dilirik oleh Donald Trump dan perannya dihilangkan. Dia sempat menulis untuk membangun kembali Kementerian Luar Negeri AS, yang sepertinya membuat dirinya tidak masuk dalam hitungan Trump.

    Masih ada beberapa nama lagi yang ditunggu untuk diumumkan oleh Biden. Untuk tim ekonomi, Biden sudah menominasikan Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan. Yellen adalah mantan kepala Bank Sentral AS (The Fed) dan akan menjadi menkeu perempuan pertama AS.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id