FAA Desak Pemeriksaan Mesin yang digunakan Boeing 777 Usai Insiden Denver

    Wahyu Dwi Anggoro - 24 Februari 2021 18:07 WIB
    FAA Desak Pemeriksaan Mesin yang digunakan Boeing 777 Usai Insiden Denver
    Mesin dari pesawat Boeing 777 milik United Airlines yang terbakar. Foto: CNN



    Washington: Otoritas Penerbangan Sipil Amerika Serikat (FAA) mengatakan, meminta pemeriksaan segera terhadap pesawat Boeing 777. Pemeriksaan dilakukan terhadap pesawat yang menggunakan mesin Pratt & Whitney PW4000.

    Desakan dikeluarkan setelah salah satu jet gagal dalam penerbangan United Airlines pada Sabtu. Menurut FAA, operator harus melakukan inspeksi gambar akustik termal dari bilah kipas titanium besar -,pada dasarnya cara mengintip di bawah permukaan logam,- yang terletak di bagian depan setiap mesin.






    Baca: Maskapai di Tiga Negara Kandangkan Pesawat Boeing 777.

    "Berdasarkan hasil awal saat kami menerimanya, serta data lain yang diperoleh dari penyelidikan yang sedang berlangsung, FAA dapat merevisi arahan ini untuk menetapkan interval baru untuk pemeriksaan ini atau pemeriksaan berikutnya," kata FAA, seperti dikutip CNN, Rabu 24 Februari 2021.

    Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) AS mengatakan pada hari Senin bahwa bilah kipas yang retak dari mesin penerbangan 328 United yang terbakar tak lama setelah lepas landas dari Denver, Colorado, konsisten dengan dugaan kelelahan logam.

    Ketika logam lelah, retakan bisa melebar semakin lama setiap kali ditekan saat mesin dinyalakan. Retakan seperti itu dapat bertahan selama bertahun-tahun sebelum menyebabkan kegagalan.


    Jadwal inspeksi

    Setelah bilah berukuran 103 sentimeter patah, bilah lain dan struktur depan mesin robek, menghujani lingkungan pinggiran kota dengan logam dan puing-puing lainnya.

    “Sebagian besar kerusakan dalam kegagalan Sabtu terbatas pada mesin, tetapi beberapa material menabrak badan pesawat, menyebabkan kerusakan kecil,” kata Ketua NTSB Robert Sumwalt pada hari Senin. Pilot melakukan pendaratan darurat dan tidak ada yang terluka.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id