comscore

Semua Sandera di Sinagoga Texas Berhasil Diselamatkan, Pelaku Tewas

Willy Haryono - 16 Januari 2022 13:23 WIB
Semua Sandera di Sinagoga Texas Berhasil Diselamatkan, Pelaku Tewas
Polisi bersiaga di dekat lokasi penyanderaan di sebuah sinagoga di Colleyville, Texas, AS, 15 Januari 2022. (AFP)
Texas: Gubernur Texas Greg Abbott menyampaikan kabar gembira, bahwa semua sandera di sebuah sinagoga di wilayahnya telah berhasil dibebaskan pada Sabtu malam waktu setempat, 15 Januari 2022. "Doa kita semua telah terjawab. Semua sandera berhasil keluar dalam kondisi selamat," tulis Abbott via Twitter, dilansir dari TRT World, Minggu, 16 Januari 2022.

Pernyataan Abbott disampaikan tak lama usai bunyi kencang dan suara seperti tembakan senjata api terdengar dari dalam sinagoga di Colleyville, Texas, Amerika Serikat. Seorang aparat penegak hukum mengatakan bahwa pelaku penyanderaan tewas ditembak.
Sebelumnya pada petang hari, seorang sandera telah dibebaskan dengan selamat. Pembebasan itu merupakan buah dari negosiasi antara pelaku dan pasukan keamanan gabungan, termasuk tim SWAT.

Menurut laporan media lokal, penyanderaan terjadi pada Sabtu siang di saat berlangsungnya kebaktian di sinagoga Congregation Beth Israel. Siaran streaming itu masih berlangsung saat penyanderaan terjadi.

Setidaknya empat orang menjadi sandera. Dalam siaran langsung terdengar suara pelaku yang bernegosiasi dengan polisi melalui telepon. Media lokal melaporkan, pelaku meminta agar otoritas AS membebaskan seorang ilmuwan asal Pakistan bernama Aafia Siddiqui.

Aparat keamanan Texas mengatakan, tim investigator belum dapat mengidentifikasi pelaku, dan mengingatkan bahwa semua informasi yang beredar saat ini berasal dari investigasi awal dan belum konklusif.

Siaran langsung penyanderaan sempat ditonton sejumlah orang. Beberapa dari mereka mengaku mendengar pelaku yang mengklaim sebagai saudara dari Aafia Siddiqui. Pelaku juga terdengar mengklaim memiliki sebuah bom.

Baca: Satu Sandera Dibebaskan dari Sinagoga Texas, Pelaku Klaim Miliki Bom

Klaim mengenai bom dan senjata lainnya, maupun keterkaitan pelaku dengan Aafia Siddiqui, belum dapat dikonfirmasi.

Aafia Siddiqui diketahui sebagai ilmuwan syaraf asal Pakistan yang dinyatakan bersalah atas percobaan pembunuhan terhadap jajaran prajurit AS di Afghanistan. Saat ini, ia sedang mendekam di sebuah penjara federal di Texas.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id