Cegah Korona, Berlin Lakukan Kontrol Perbatasan

    Marcheilla Ariesta - 16 Maret 2020 12:31 WIB
    Cegah Korona, Berlin Lakukan Kontrol Perbatasan
    Polisi bersiaga di perbatasan Jerman-Prancis di tengah mewabahnya virus korona covid-19, 12 Maret 2020. (Foto: AFP/PATRICK HERTZOG)
    Berlin: Jerman akan menerapkan kontrol perbatasan dengan Prancis, Austria, Swiss, Luxemburg dan Denmark, untuk menekan penyebaran virus korona covid-19. Kontrol perbatasan dijadwalkan berlaku mulai hari ini Senin, 16 Maret 2020, pagi waktu setempat.

    "Penyebaran covid-19 berkembang dengan cepat dan agresif, salah satu langkah paling penting adalah memutus rantai infeksi," kata Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer, dilansir dari Channel News Asia.

    Langkah pengontrolan di titik-titik perbatasan akan mulai berlaku pukul 08.00 pagi waktu setempat. Warga negara Jerman dan orang dengan izin tinggal akan diizinkan kembali ke negara tersebut.

    "Orang-orang tanpa alasan penting untuk bepergian, dan mereka yang dicurigai terinfeksi virus, tidak akan diizinkan untuk melintasi perbatasan," imbuhnya. Seehofer menambahkan, kontrol baru ini bersifat sementara hingga situasi kembali normal.

    Meski demikian, kata Seehofer, penyebaran virus korona di Eropa belum mencapai puncaknya. Ia memperingatkan warga Eropa, terutama Jerman, untuk menghindari kontak sosial.

    Keputusan pengontrolan perbatasan diambil setelah Robert Koch Institute, yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat Jerman, menyatakan bahwa wilayah Alsace-Lorraine di Prancis sebagai daerah berisiko. Wilayah itu berbatasan dengan Jerman.

    Jerman menegaskan bahwa kontrol perbatasan ini hanya diberlakukan untuk lima negara. Negara-negara tetangga lainnya seperti Polandia dan Republik Ceko juga telah mengikuti kebijakan Jerman dan menutup perbatasan masing-masing.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id