Trump Mengaku Minum Hidroksiklorokuin untuk Cegah Covid-19

    Willy Haryono - 19 Mei 2020 06:04 WIB
    Trump Mengaku Minum Hidroksiklorokuin untuk Cegah Covid-19
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku telah meminum obat hidroksiklorokuin untuk mencegah tertular virus korona (covid-19). Berbicara di Gedung Putih, ia mengatakan ke awak media bahwa dirinya belum lama ini mengonsumsi obat tersebut, yang biasanya diperuntukkan bagi pasien malaria dan lupus.

    "Saya telah meminumnya sekitar satu setengah pekan, dan sekarang saya masih ada di sini," ucap Trump, dilansir dari BBC, Selasa 19 Mei 2020.

    Hingga saat ini belum ada bukti bahwa hidroksiklorokuin dapat memerangi covid-19, meski memang uji klinis sedang berlangsung.

    Saat ditanya apa bukti positif dari hidroksiklorokuin, Trump: "Ya inilah buktinya, saya mendapat banyak kabar positif mengenai hal ini."

    Trump, yan berulang kali merekomendasikan hidroksiklorokuin, mengklaim ada banyak pekerja kesehatan yang juga mengonsumsi obat tersebut.

    "Anda akan terkejut mengenai ada berapa banyak orang yang mengonsmsinya, terutama para pekerja di garda terdepan," ucap Trump kepada reporter. "Saya juga meminumnya," sambung dia.

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menegaskan bahwa saat ini belum ada obat atau terapi yang terbukti ampuh mencegah atau mengobati covid-19.

    Bulan lalu, Badan Obat dan Makanan (FDA) mengeluarkan sebuah imbauan bahwa hidroksiklorokuin "belum terbukti aman dan efektif." FDA mengutip sejumlah laporan bahwa obat tersebut dapat memicu masalah ritme jantung pada tubuh pasien covid-19.

    FDA memperingatkan penggunaan hidroksiklorokuin di luar rumah sakit. FDA telah memberikan izin khusus untuk penggunaan hidroksiklorokuin jika uji klinis tak tersedia.

    Ketika ditanya apakah dokter Gedung Putih merekomendasikan obat tersebut, Trump mengaku dia juga telah menanyakan sendiri hal tersebut.

    "Saya bertanya kepadanya, 'bagaimana menurut Anda?' dan dia menjawab, 'Iya, jika Anda memang menginginkannya," dan saya menjawab lagi, 'iya, saya menginginkannya,'" ungkap Trump.
     
    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id