comscore

Belanda Tak Kirim Perwakilan Diplomatik ke Tiongkok, Ikut Langkah AS?

Marcheilla Ariesta - 15 Januari 2022 18:52 WIB
Belanda Tak Kirim Perwakilan Diplomatik ke Tiongkok, Ikut Langkah AS?
Belanda umumkan tidak akan kirim perwakilan diplomatik di Olimpiade Musim Dingin Beijing./AFP
Den Haag: Belanda tidak akan mengirimkan perwakilan diplomatiknya ke Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Bukan karena boikot diplomatik seperti Amerika Serikat (AS), tapi karena kasus covid-19 yang terus meninggi di Belanda dan juga Tiongkok.

"Kami rasa dengan angka Covid-19 yang memburuk akan mempersulit pertemuan dan bilateral dengan negara tuan rumah," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Belanda, Frits Kemperman, dilansir dari AFP, Sabtu, 15 Januari 2022.
Frits menegaskan, keputusan mereka tidak mengirimkan delegasi politik murni karena Covid-19. Bukan ikut-ikutan boikot seperti yang dilakukan Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Belanda akan mengirimkan atlet seperti speed skater Sven Kramer dan Ireen Wust ke Olimpiade Musim Dingin Beijing. Tentunya, untuk mempertahankan gelar mereka.

AS, Kanada, Australia dan Inggris melakukan boikot dengan tidak mengirimkan perwakilan diplomatik mereka ke Tiongkok. Masalah dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang dan kisruh Taiwan menjadi alasannya.

Baca juga: Salahkan Covid-19, Korut Tidak Ikut Olimpiade Musim Dingin Beijing

Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaski, mengatakan langkah itu ditempuh AS berkenaan dengan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Tiongkok. Meski memboikot secara diplomatik, atlet AS tetap dikirim di ajang tersebut.

"Pemerintah (Presiden Joe) Biden tak akan mengirim perwakilan diplomatik ke Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022, mengingat genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang berlangsung di Xinjiang dan pelanggaran hak asasi manusia lain," ujar Psaki pada 6 Desember 2021.

Sementara itu, Tiongkok mengaku tak khawatir jika negara lain mengikuti jejak empat negara tersebut melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing yang digelar Februari mendatang.

Pada 9 Desember 2021, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin memperingatkan AS dan sekutunya akan membayar konsekuensinya atas boikot ini.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id