comscore

Prancis Larang Konser dan Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru

Willy Haryono - 18 Desember 2021 11:46 WIB
Prancis Larang Konser dan Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru
Pemandangan salah satu sudut kota Paris, Prancis. (AFP)
Paris: Otoritas Prancis melarang konser publik dan pesta kembang api di malam menjelang pergantian tahun menuju 2022. Prancis juga menyerukan semua warga yang belum mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk segera melakukannya.

Vaksinasi Covid-19 dinilai krusial demi menghindari kebijakan penguncian (lockdown), namun di waktu bersamaan menjaga semua masyarakat tetap aman.
"Gelombang kelima sudah ada di sini, dan gelombangnya datang dengan kekuatan penuh," kata Perdana Menteri Prancis Jean Castex dalam sebuah konferensi pers, dilansir dari Outlook India, Sabtu, 18 Desember 2021.

Ia mengatakan varian Omicron hampir dipastikan akan mendominasi kasus harian Covid-19 di Prancis mulai Januari tahun depan.

Untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 selama liburan menjelang tahun baru, Pemerintah Prancis melarang konser publik dan pesta kembang api. Masyarakat diminta menghindari acara perkumpulan besar dan membatasi jumlah orang dalam pertemuan keluarga.

"Semakin sedikit kalian berkumpul, maka risikonya juga semakin rendah," kata Castex.

Prancis telah memberlakukan larangan perjalanan dari luar Uni Eropa, termasuk Inggris, karena khawatir terhadap varian Omicron.

Baca:  Prancis Wajibkan Tes Negatif Covid-19 bagi Pelancong non-Uni Eropa

Untuk kebijakan dalam negeri, Prancis mempercepat laju vaksinasi, termasuk suntikan vaksin penguat atau booster. Prancis ingin masyarakat sudah menerima vaksin booster sebelum liburan Natal dan Taun Baru tiba.

Salah satu pusat vaksinasi di Prancis berlangsung di National Velodrome di Paris. Banyak warga beramai-ramai mendatangi lokasi tersebut untuk menerima vaksinasi.

Dengan rata-rata kasus harian Covid-19 di angka 50.704 dalam sepekan terakhir, masyarakat Prancis mengaku tidak ingin membahayakan kesehatan mereka dan keluarga masing-masing.

"Demi keselamatan," tutur Nilo Schwencke, seorang mahasiswa Prancis yang mengikuti vaksinasi Covid-19.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id