comscore

Kilas Balik Perjalanan KJRI Frankfurt di tahun 2021

Willy Haryono - 04 Januari 2022 07:30 WIB
Kilas Balik Perjalanan KJRI Frankfurt di tahun 2021
KJRI Frankfurt melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi di wilayah kerjanya di Jerman. (Kemenlu RI)
Frankfurt: Tahun 2021 merupakan tahun produktif bagi diplomasi Indonesia, termasuk yang dijalankan KJRI Frankfurt di Jerman. Di bidang Diplomasi Ekonomi, KJRI Frankfurt melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan berbagai mitra di wilayah kerja KJRI Frankfurt.

Berdasarkan data terkini Badan Statistik Jerman (Destatis), nilai perdagangan antara Indonesia dengan seluruh wilayah kerja KJRI Frankfurt sepanjang periode sepanjang Januari-Oktober tahun 2021 mencapai EUR 2.757.723.000 atau meningkat sebesar 6,47% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 secara year-on-year.

Dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, 3 Januari 2022, kinerja perdagangan selama tahun 2021 menunjukkan sinyal pemulihan kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan 6 negara bagian wilayah kerja KJRI Frankfurt dibandingkan tahun 2020 yang relatif mengalami kontraksi sebagai akibat krisis ekonomi global di tengah pandemi Covid-19.

Selama 2021, Indonesia masih mencatat surplus perdagangan selama periode dimaksud, yakni mencapai EUR 606,96 juta. Sebelumnya, nilai perdagangan Indonesia selama periode yang sama pada tahun 2020 mengalami kontraksi (negatif) 15,1% secara year-on-year dibandingkan tahun 2019, atau periode sebelum masa krisis ekonomi global.

Di bidang investasi, berdasarkan data terkini yang dipublikasikan Kementerian Investasi / BKPM RI, Foreign Direct Investment (FDI) Jerman di sepanjang kuartal I hingga kuartal III (Januari-September) tahun 2021 meningkat sebesar 9,2% menjadi USD 136,9 juta dibandingkan periode yang sama tahun 2020 (year-on-year). Jumlah proyek melalui FDI selama periode yang sama juga meningkat sebesar 13,6% menjadi 826 proyek (year-on-year).

Kinerja FDI Jerman tahun ini lebih baik jika dibandingkan tahun lalu, di mana nilai FDI Jerman yang masuk ke Indonesia mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) 24% menjadi USD 143,6 juta, meski jumlah proyek meningkat menjadi 1.008. Penurunan nilai FDI pada periode waktu dimaksud sebagai akibat krisis ekonomi global yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Sementara di bidang diplomasi sosial budaya, sepanjang tahun 2021 KJRI Frankfurt terus berupaya meningkatkan citra Indonesia di wilayah kerja melalui berbagai kegiatan. Tantangan yang dihadapi tidaklah mudah mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Berbagai kebijakan diterapkan oleh pemerintah setempat dalam upaya mitigasi penyebaran Covid-19 yang berdampak pada pembatasan sosial. Tentunya hal ini berpengaruh terhadap upaya KJRI Frankfurt dalam meningkatkan citra Indonesia, khususnya ketika akan menyelenggarakan kegiatan secara luring.

"Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat di wilayah kerja KJRI Frankfurt sehingga pada tahun ini kami dapat memperoleh nilai Citra Indonesia sebesar 3,67 (dari target 4) dengan predikat baik," pungkas KJRI Frankfurt.

Baca:  KJRI Frankfurt Promosikan Pariwisata RI Sambil Kenalkan Jamu Gendong(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id