Gempa Bumi Magnitudo 6,8 Guncang Lepas Pantai Chile

    Willy Haryono - 28 Desember 2020 12:02 WIB
    Gempa Bumi Magnitudo 6,8 Guncang Lepas Pantai Chile
    Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)


    Santiago: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,8 mengguncang lepas pantai Los Lagos, Chile pada Minggu, 27 Desember. Menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, episentrum gempa berlokasi sekitar 149 kilometer dari Corral, dengan kedalaman mencapai 10 km.

    USGS menambahkan, guncangan terjadi pada pukul 21.39 GMT.




    Pusat Peringatan Tsunami Nasional, salah satu unit dari Badan Cuaca Nasional AS (NWS), melaporkan tidak adanya peringatan tsunami dari gempa terbaru di Chile untuk wilayah Pesisir Barat AS, British Columbia, atau Alaska.

    "Berdasarkan informasi dan data yang kami terima, gempa bumi kali ini tidak akan menimbulkan gelombang tsunami," ujar NWS, dilansir dari laman Sputnik pada Senin, 28 Desember 2020.

    Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka atau kerusakan bangunan akibat gempa di Los Lagos, Chile.

    Menurut skala penghitungan Richter, gempa dengan magnitudo 6,0 ke atas masuk dalam kategori "kuat." Gempa kategori tersebut dapat memicu kerusakan sedang hingga parah di area-area dengan infrastruktur yang kualitasnya kurang memadai.

    November lalu, gempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Constitucion, Chile. Dua bulan sebelumnya, gempa magnitudo 6,4 melanda kawasan Ovalle.

    Chile adalah salah satu negara yang paling rentan diguncang gempa bumi. Menurut data USGS, gempa berkekuatan 9,5 di Chile pada 1960 adalah yang terkuat dalam sejarah skala magnitudo.
     
    Seperti beberapa negara rentan gempa lainnya, Chile terletak di Cincin Api atau Ring of Fire -- area yang mengelilingi Cekungan Pasifik. Gempa bumi dan erupsi vulkanik rentan terjadi di area tersebut.

    Baca:  Gempa 6,9 SR Guncang Chile, Terasa Hingga Argentina


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id