Putin: Hubungan dengan AS Sudah Hancur Sebelum Biden Menang

    Fajar Nugraha - 23 November 2020 06:00 WIB
    Putin: Hubungan dengan AS Sudah Hancur Sebelum Biden Menang
    Presiden Rusia Vladimir Putin masih belum mau ucapkan selamat ke Joe Biden. Foto: AFP
    Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu mengatakan bahwa dia belum siap untuk memberi selamat kemenangan kepada Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Menurut Putin langkah itu tidak akan memperburuk hubungan yang sudah terlanjur hancur.

    Kepada televisi Rossiya-1, Putin menegaskan akan bekerja dengan siapa pun yang menjadi Presiden AS. Tetapi tidak akan memberi selamat kepada pemenang sampai semua perselisihan hukum rampung atau salah satu kandidat menyerah.

    "Kami akan bekerja dengan siapa saja yang memiliki kepercayaan dari rakyat Amerika," kata Putin dalam wawancara kepada Rossiya-1, yang dikutip The New York Post, Senin 23 November 2020.

    "Tapi kepercayaan itu hanya bisa diberikan kepada kandidat yang kemenangannya diakui oleh partai lawan, atau setelah hasilnya dikonfirmasi dengan cara yang sah dan legal."

    Putin menjadi salah satu dari segelintir pemimpin dunia yang belum memberi selamat kepada Joe Biden. Ditanya apakah penolakannya untuk mengakui Presiden Trump atau mantan wakil presiden itu akan membahayakan hubungan AS-Rusia.

    “Tidak ada yang dirusak, semuanya sudah hancur,” tegas Putin.

    Donald Trump sendiri telah menolak untuk mengakui pemilu dan terus melakukan tindakan hukum di sejumlah negara bagian untuk mencoba membatalkan hasil pemilu 3 November.

    Sementara Biden memenangkan 306 suara Electoral College - melebihi 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk mengklaim kemenangan. Trump hanya memenangkan 232 Electoral College.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id