Iran Dorong PBB Ambil Tindakan Tegas Terkait Kematian Fakhrizadeh

    Willy Haryono - 01 Desember 2020 15:01 WIB
    Iran Dorong PBB Ambil Tindakan Tegas Terkait Kematian Fakhrizadeh
    Mobil Fakhrizadeh diserang sekelompok orang di kota Absard, Damavand, Iran pada 27 November 2020. (AFP/Khamenei.IR/Irib News Agency)
    Jenewa: Perwakilan Tetap Iran untuk Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa, Esmaeil Baghaei Hamaneh, meminta Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet untuk mengambil langkah tegas terkait pembunuhan ilmuwan nuklir ternama Mohsen Fakhrizadeh.

    Menyampaikan pesan tertulis kepada Bachelet, Hamaneh menekankan pentingnya respons cepat dari mekanisme HAM PBB atas pembunuhan Fakhrizadeh. Iran menuduh Israel berada di balik pembunuhan Fakhrizadeh.

    "Pembunuhan terhadap Fakhrizadeh merupakan pelanggaran hak-hak internasional, hak asasi manusia, dan semua nilai-nilai moral," ungkap Hamaneh, dilansir dari laman Mehr News Agency pada Selasa, 1 Desember 2020.

    Hamaneh meminta Kantor Komisaris Tinggi HAM PBB untuk mengecam pembunuhan Fakhrizadeh dan mengambil langkah-langkah tegas terkait kejahatan tersebut.

    Dalam suratnya, Hamaneh juga memperingatkan konsekuensi berbahaya dari terorisme negara terhadap aturan hukum, perdamaian dan keamanan internasional. Pernyataannya merujuk pada Israel, yang dinilai sebagai sponsor utama dalam pembunuhan Fakhrizadeh.

    Selain di bidang nuklir, Fakhrizadeh juga disebut Hamaneh berjasa dalam produksi peralatan tes virus korona (covid-19) dan proyek pengembangan vaksin. Kematiannya merupakan pukulan telak dalam perjuangan Iran menghadapi pandemi covid-19.

    "Kematian Fakhrizadeh memperlihatkan niat para pelakunya yang ingin mencegah pertumbuhan serta kesejahteraan ilmu pengetahuan dan teknologi di Iran," sebut Hamaneh.

    Ia menekankan bahwa Iran akan terus melanjutkan pengembangan sains meski salah satu ilmuwan ternama Teheran sudah tidak ada.

    Baca:  Usai Ilmuwan Nuklir, Giliran Komandan Iran Tewas Diserang Drone

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id