Bolsonaro Dituduh Korupsi, Brasil Tangguhkan Kontrak Vaksin dengan India

    Marcheilla Ariesta - 30 Juni 2021 17:03 WIB
    Bolsonaro Dituduh Korupsi, Brasil Tangguhkan Kontrak Vaksin dengan India
    Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (AFP)



    Sao Paulo: Brasil akan menangguhkan kontrak vaksin Covid-19 India senilai USD324 juta atau sekitar Rp4,7 triliun dengan sebuah perusahaan India. Langkah ini dilakukan usai Presiden Jair Bolsonaro dituduh melakukan korupsi atas kesepakatan tersebut.

    Kesepakatan untuk membeli 20 juta dosis vaksin dari Bharat Biotech membuat Bolsonaro pusing, terlebih setelah seorang pelapor mengungkapkan dugaan pelanggaran itu ke publik.

     



    Bolsonaro membantah melakukan seperti yang dituduhkan, dan mengaku tidak mengetahui apapun mengenai penyimpangan. Sementara Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Quieroga akan menyelidiki tuduhan tersebut.

    "Menurut analisis awal Pengawas Keuangan Federal (GCU), tidak ada kejanggalan dalam kontrak. Tapi Kementerian Kesehatan memilih untuk menangguhkan kontrak," ucapnya dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Al Jazeera, Rabu, 30 Juni 2021.

    Jaksa federal Brasil telah membuka penyelidikan atas kesepakatan dengan Bharat Biotech. Dugaan penyimpangan ini juga tengah diselidiki panel Senat Brasil.

    Baca:  Presiden Brasil Diduga Korupsi Pembelian Vaksin Covid-19

    Selain terkena kasus ini, Bolsonaro juga menghadapi seruan pengunduran diri dari masyarakat. Ia dinilai gagal menangani pandemi covid-19, dengan jumlah korban jiwa di Negeri Samba sejauh ini mencapai 500 ribu.

    Para pengunjuk rasa mengangkat poster bertuliskan: "500 ribu kematian. Itu salahnya," ujar demonstran, merujuk pada Bolsonaro.

    Total kasus Covid-19 di Brasil mencapai 18,5 juta dengan tambahan 64.903 kasus baru hari ini. Dari total angka tersebut, sebanyak 16,3 juta orang sudah sembuh, 516 lainnya meninggal, dan sisanya masih dirawat.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id