Menkes Inggris Mengundurkan Diri usai Langgar Aturan Covid-19

    Willy Haryono - 27 Juni 2021 08:02 WIB
    Menkes Inggris Mengundurkan Diri usai Langgar Aturan Covid-19
    Menkes Inggris Matt Hancock saat berada di Downing Street, London pada 9 Juni 2021. (Tolga Akmen / AFP)



    London: Matt Hancock mengundurkan diri sebagai Menteri Kesehatan Inggris usai dirinya melanggar aturan menjaga jarak sosial dengan mencium seorang kolega. Dalam sebuah surat untuk Perdana Menteri Boris Johnson, Hancock mengatakan bahwa pemerintah "berutang kepada masyarakat yang sudah berkorban begitu banyak di tengah pandemi."

    PM Johnson menerima pengunduran diri Hancock, namun menyesalkan permohonan tersebut.

     



    Menurut keterangan resmi Downing Street, dilansir dari laman BBC pada Minggu, 27 Juni 2021, mantan kanselir Sajid Javid telah dikonfirmasi sebagai menkes baru Inggris.

    Hancock berada di bawah tekanan untuk mengundurkan diri usai media The Sun mengunggah foto Hancock dan Gina Coladangelo, yang sudah menikah dan memiliki tiga orang anak, berciuman. The Sun menyebut foto itu diambil saat keduanya berada di gedung Departemen Kesehatan Inggris pada 6 Mei.

    Jajaran politisi Tory dan Partai Buruh Inggris serta kelompok keluarga terdampak Covid-19 menyerukan Hancock untuk segera mundur dari jabatannya. Downing Street menegaskan bahwa mundurnya Hancock merupakan keputusan independen dan bukan desakan dari PM Johnson.

    Selain Hancock, Coladangelo juga telah mundur dari jabatanya sebagai direktur non-eksekutif di Departemen Kesehatan Inggris.

    Melalui sebuah video yang diunggah di Twitter, Hancock berkata: "Saya telah bertemu perdana menteri untuk mengundurkan diri sebagai menteri kesehatan dan pelayanan sosial."

    "Saya paham mengenai pengorbanan semua orang di negara ini. Orang-orang yang membuat aturan (Covid-19) harus mematuhinya, dan itulah mengapa saya harus mengundurkan diri," ungkap Hancock.

    Dalam surat pengunduran dirinya, Hancock menekankan permohonan maaf atas pelanggaran aturan Covid-19. Pria yang sudah tiga tahun menjadi menteri kesehatan itu juga memohon maaf kepada keluarga dan orang-orang tercinta.

    PM Johnson mengatakan bahwa Hancock telah melakukan banyak pencapaian sebagai menkes, bahkan sebelum kemunculan pandemi Covid-19.

    "Saya meyakini kontribusi Anda di bidang layanan publik masih jauh dari kata usai," tutur PM Johnson.

    Baca:  Inggris akan Sumbang 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id