Gado-Gado Hingga Tarian Tradisional Meriahkan Bazar Indonesia di Marseille

    Willy Haryono - 28 September 2021 18:04 WIB
    Gado-Gado Hingga Tarian Tradisional Meriahkan Bazar Indonesia di Marseille
    Sejumlah kuliner nusantara dihadirkan dalam acara Bazar Indonesia di kota Marseille, Prancis, 25 September 2021. (KJRI Marseille)



    Marseille: KJRI Marseille kembali mengadakan bazar untuk mempromosikan produk-produk Indonesia berupa kuliner, tekstil tradisional hingga kerajinan tangan pada Sabtu, 25 September. Di Bazar Indonesia ini, para pengunjung dapat menikmati masakan khas dan populer Indonesia, termasuk gado-gado yang cita rasanya begitu menggoda.

    Para pengunjung juga berkesempatan bertemu beberapa pengusaha Tanah Air yang beraktivitas di wilayah selatan Prancis.

     



    Konsul Jenderal RI di Marseille, Arief, menyampaikan bahwa persiapan penyelenggaraan Bazar Indonesia tahun ini tidak mudah karena harus mempertimbangkan kondisi pendemi Covid-19 serta mengikuti bebagai aturan setempat terkait protokol kesehatan.

    Namun lebih lanjut, Arief menyebutkan bahwa krisis Covid-19 tidak mungkin terus menerus menjadi penghalang kegiatan yang sudah lama ditunggu masyarakat Indonesia.

    Bazar Indonesia diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setidaknya 400 orang telah mengunjungi 7 stan kuliner dan 4 kerajinan tangan. Di antara pengunjung yang datang adalah Jenderal Pascal FACON, Gubernur Militer Marseille, dan Komandan Zona Pertahanan dan Keamanan wilayah Selatan Prancis, serta para Konsul Jenderal negara sahabat.

    Berdasarkan keterangan di situs Kemenlu RI, Selasa, 28 September 2021, acara ini merupakan salah satu kegiatan utama KJRI Marseille yang telah diadakan sejak 14 tahun lalu. Tujuan utamanya adalah sebagai arena temu kangen warga Indonesia beserta kerabat dan keluarga yang tinggal di kota Marseille dan sekitarnya.

    Selain itu, acara Bazar Indonesia merupakan bentuk upaya KJRI Marseille untuk memperkenalkan budaya Indonesia, terutama di sektor kuliner dan kerajinan tradisional kepada masyarakat di Prancis.

    Sebagai etalase Indonesia dan untuk menunjukkan kekayaan budaya Tanah Air,  dalam kegiatan bazar telah disuguhkan tarian tradisional dari Jawa Barat serta lagu-lagu pop yang disambut antusiasme para pengunjung. Di penghujung acara, stan makanan terbaik dalam acara bazar tahun ini diberikan kepada Eny Dousso yang menyuguhkan hidangan gado-gado dan rujak buah.

    Baca:  Kreativitas dan Inovasi Meriahkan Perayaan HUT RI di Prancis

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id