British Columbia Kanada Umumkan Status Darurat Kebakaran Hutan

    Marcheilla Ariesta - 21 Juli 2021 14:22 WIB
    British Columbia Kanada Umumkan Status Darurat Kebakaran Hutan
    Ilustrasi kebakaran hutan. (Medcom.id)



    British Columbia: Gelombang panas di Kanada menyebabkan kebakaran hutan berskala luas, terutama di provinsi British Columbia. Otoritas setempat pun mengumumkan status darurat dalam upaya mempercepat penanganan kebakaran hutan.

    "Kami telah mencapai titik kritis," ucap Menteri Keselamatan Publik Provinsi British Columbia, Mike Farnworth, dilansir dari AFP, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    "Berdasarkan saran dari manajemen darurat, serta pengarahan saya tadi malam mengenai cuaca yang memburuk, saya menyatakan status darurat level provinsi," imbuhnya.

    Dengan keputusan tersebut, otoritas British Columbia akan mengatur evakuasi massal, serta menyediakan akomodasi darurat bagi para pengungsi.

    Sekitar 5.700 orang berada di bawah perintah evakuasi di provinsi tersebut. Jumlah ini dua kali lipat dibanding penghitungan hari sebelumnya.

    Saat ini, sudah 32 ribu lebih peduduk telah ditempatkan dalam keadaan siaga. "Silakan siapkan rencana evakuasi untuk keluarga Anda," ucap Direktur Operasi Layanan Kebakaran British Columbia, Cliff Chapman.

    "Setelah bekerja di wilayah ini selama 20 tahun, saya akan membawa keluarga saya keluar jika mendapatkan perintah evakuasi hari ini," serunya.

    Kebakaran melanda Kanada dan Amerika Serikat bagian barat selama beberapa pekan terakhir. Gelombang panas yang menyengat pada akhir Juni menjadi penyebabnya, dan para ahli mengkaitkan kejadian ini dengan perubahan iklim.

    Chapman menuturkan sekitar 3.000 kilometer persegi wilayah terbakar di British Columbia. Angka tersebut tiga kali lebih tinggi dari rata-rata wilayah yang terbakar tahun ini.

    Provinsi ini memiliki hampir 300 kebakaran hutan aktif yang dipicu cuaca panas dan kering. Diperkirakan kebakaran akan terus berlanjut dalam beberapa hari mendatang.

    Baca: Kebakaran Hutan Hanguskan 300 Ribu Hektar Wilayah di Oregon

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id