PM Baru Prancis Bersiap Umumkan Perombakan Kabinet

    Willy Haryono - 06 Juli 2020 11:05 WIB
    PM Baru Prancis Bersiap Umumkan Perombakan Kabinet
    PM baru Prancis Jean Castex ditunjuk langsung Presiden Emmanuel Macron. (Foto: AFP)
    Paris: Perdana Menteri baru Prancis Jean Castex diperkirakan akan mengumumkan perombakan kabinet pada hari ini, Senin 6 Juli 2020. Dilansir dari Digital Journal, kabinet baru Prancis nantinya akan difokuskan untuk mendorong perekonomian negara yang terkena imbas buruk pandemi virus korona (covid-19).

    Castex, seorang birokrat senior yang kurang dikenal dalam dunia perpolitaik Prancis, ingin bergerak cepat untuk meyakinkan bahwa dirinya adalah orang yang tepat untuk menduduki posisi PM.

    Pria 55 tahun itu ditunjuk langsung Presiden Emmanuel Macron untuk menggantikan Edouard Philippe yang mengundurkan diri. Penunjukan Castex dilakukan di hari yang sama dengan mundurnya Philippe.

    PM baru Prancis ini belum pernah menjadi menteri apapun. Namun hal tersebut merupakan praktik umum di pemerintahan Macron, yang juga telah menunjukkan beberapa politisi kurang dikenal untuk menduduki pos menteri.

    Media lokal mendeskripsikan Castex sebagai sosok yang "terbiasa menangani hal-hal kompleks serta mahir dalam kemampuan interpersonal." Beberapa media Prancis juga menyebut Castex sebagai sebuah "pisau Swiss" atas efisiensinya dalam bekerja.

    Sementara itu, perekonomian Prancis terguncang hebat sehingga memicu resesi akibat kemunculan covid-19. Partai milik Macron, Republic on the Move (LREM), juga menerima pukulan telak dalam pemilihan umum kepala daerah pada akhir Juni lalu.

    LREM gagal meraih suara signifikan dalam pemungutan suara di sejumlah kota besar Prancis.

    Dalam keterangan via Twitter pada Minggu lalu, Macron menyebutkan bahwa "jalan baru" diperlukan untuk mendorong kembali perekonomian negara. Namun, kegagalan LREM dalam pilkada menunjukkan bahwa partai baru tersebut masih belum memiliki cukup dukungan dari kelompok akar rumput.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id