Kerusuhan di Penjara Ekuador Tewaskan 62 Orang

    Willy Haryono - 24 Februari 2021 07:03 WIB
    Kerusuhan di Penjara Ekuador Tewaskan 62 Orang
    Petugas keamanan bersiaga di salah satu penjara tempat terjadinya kerusuhan di Ekuador pada Selasa, 23 Februari 2021. (Marcos Pin Mendez/AFP)



    Quito: Sebanyak 62 orang tewas dalam kerusuhan di beberapa penjara di tiga kota Ekuador. Kerusuhan dipicu perkelahian antar geng dan juga upaya melarikan diri.

    Direktur Lembaga Pemasyarakat Ekuador Edmundo Moncayo mengatakan bahwa 800 polisi telah membantu memulihkan situasi di sejumlah penjara. Ratusan petugas dari unit taktis juga telah dikerahkan sejak kerusuhan terjadi pada Senin malam waktu setempat.




    Dilansir dari ABC News pada Selasa, 23 Februari 2021, Moncayo mengatakan bahwa dua grup mencoba meraih "kekuasaan di dalam penjara." Perkelahian berujung kerusuhan terjadi setelah pencarian senjata dilakukan polisi pada Senin kemarin.

    Serangkaian foto dan video di media sosial memperlihatkan beberapa narapidana dalam kondisi terpenggal dan termutilasi di tengah kolam darah.

    Kerusuhan penjara biasa terjadi dalam beberapa tahun terakhir di Ekuador. Salah satu penyebabnya adalah kelebihan kapasitas, di saat penjara Ekuador diisi sekitar 38 ribu narapidana dari kapasitasnya yang hanya 27 ribu.

    Baca:  Ngeri! 6 Napi Meninggal Usai Kerusuhan di Penjara Paraguay

    Presiden Lenin Moreno mengaku telah memerintahkan Kementerian Pertahanan "untuk mengawasi ketat peredaran senjata, amunisi, dan bahan peledak" di area sekitar penjara setelah terjadinya kerusuhan ini.

    Menurut keterangan Moncayo, sebanyak 33 orang meninggal di penjara Cuenca, 21 di kota Guayaquil, dan delapan lainnya di Latacunga.

    Menteri Pemerintahan Ekuador Patricio Pazmino mengatakan bahwa aktivitas sejumlah geng kriminal telah memicu aksi kekerasan di sejumlah penjara. Namun ia menegaskan bahwa pihaknya kini sudah dapat mengendalikan situasi.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id