comscore

9 Pekerja Ditemukan Tewas di Tambang Kolombia, 6 Masih Terperangkap

Willy Haryono - 05 Juni 2022 14:04 WIB
9 Pekerja Ditemukan Tewas di Tambang Kolombia, 6 Masih Terperangkap
Petugas mengevakuasi salah satu jasad korban tragedi ledakan tambang batu bara di dekat kota El Zulia, Kolombia, 4 Juni 2022. (SCHNEYDER MENDOZA / AFP)
El Zulia: Sembilan penambang ditemukan tewas di sebuah tambang batu bara di Kolombia yang meledak pada Senin kemarin. Menurut keterangan Agensi Penambangan Nasional Kolombia (ANM), enam penambang lain masih terjebak di bawah tanah.

Ledakan terjadi di sebuah tambang batu bara di dekat kota El Zulia. Penyebab ledakan adalah akumulasi gas yang memicu percikan api serta ledakan. Kuatnya ledakan merobohkan beberapa area interior tambang dan menjebak para pekerjanya.
Dikutip dari BBC, Minggu, 5 Juni 2022, para penambang yang berhasil diselamatkan telah bertahan hidup selama enam hari di bawah tanah.

Keluarga dari para penambang menanti dengan cemas, berharap ada kabar baik dari upaya penyelamatan yang dilakukan intensif sepanjang siang dan malam. Upaya penyelamatan sempat terkendala akumulasi gas serta hujan deras, namun sekitar 70 petugas saat ini sudah kembali bekerja untuk mencari dan menyelamatkan enam penambang tersisa.

Tim insinyur Kolombia juga bekerja di lokasi kejadian dalam memastikan adanya aliran udara di area tambang.

Berbeda dari kebanyakan tambang batu bara di Kolombia, tambang tempat terjadinya ledakan berstatus legal. Tambang itu sempat ditutup pada 2021 karena tingginya konsentrasi gas, namun mulai dibuka kembali pada 12 Mei.

Kecelakaan tambang merupakan peristiwa yang sering terjadi di Kolombia, dengan angka kematian sepanjang 2021 mencapai 148.

Baca:  Upaya Tim SAR Kolombia Selamatkan 14 Penambang yang Terjebak di Bawah Tanah

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id