Hubungan Memburuk, Pompeo Tarik Dubes AS untuk Tiongkok

    Marcheilla Ariesta - 14 September 2020 17:47 WIB
    Hubungan Memburuk, Pompeo Tarik Dubes AS untuk Tiongkok
    Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo tarik dubes dari Tiongko. Foto: AFP
    Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo memerintahkan Duta Besar AS untuk Tiongkok, Terry Branstad meninggalkan posnya. Penarikan Dubes AS ini dilakukan di tengah hubungan Washington-Beijing yang semakin memanas.

    "Saya berterima kasih kepada Duta Besar Terry Branstad atas lebih dari tiga tahun pengabdiannya kepada rakyat Amerika Serikat sebagai Duta Besar AS untuk Republik Rakyat Tiongkok," kata Pompeo dalam unggahan di Twitter, Senin, 14 September 2020.

    "Dubes Branstad telah berkontribusi dalam menyeimbangkan kembali hubungan AS-Tiongkok agar berorientasi pada hasil yang baik, timbal balik, dan adil," imbuhnya dilansir dari Channel News Asia.

    Awal bulan ini, AS memberlakukan pembatasan gerak untuk para diplomat Tiongkok di sana. "Kementerian Luar Negeri telah menetapkan mekanisme, yaitu diplomat senior Tiongkok di Amerika Serikat untuk mengunjungi universitas, dan bertemu dengan pejabat pemerintah setempat," kata Pompeo kala itu.

    Pompeo mengatakan, pihaknya juga akan mengambil langkah lebih lanjut untuk memastikan bahwa semua akun resmi kedutaan Tiongkok dan media sosial konsuler diidentifikasi dengan benar sebagai akun pemerintah Tiongkok.
     
    Seperti tindakan lainnya, Pompeo mengatakan langkah ini sebagai timbal balik atas aksi yang dilakukan Tiongkok terhadap AS.
     
    "Kami hanya menuntut timbal balik akses untuk diplomat kami di Tiongkok harus mencerminkan akses yang dimiliki diplomat Tiongkok di AS, dan langkah hari ini akan menggerakkan kami secara substansial ke arah tersebut," tutur Pompeo.
     
    Dia menegaskan akan melakukan hal yang sama jika pembatasan yang diberlakukan pada diplomat AS dihapus oleh pihak Tiongkok.
     
    Pengumuman ini dikecam oleh Kedutaan Besar Tiongkok di Washington. Mereka mengatakan hal tersebut melanggar Konvensi Wina mengenai Hubungan Diplomatik dan Konsuler.

    Meski demikian, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai penarikan Branstad, apakah ia ditarik karena eskalasi meningkat atau masa jabatannya sudah selesai.


    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id