Trump Siap Bertemu Maduro dengan Satu Syarat

    Willy Haryono - 23 Juni 2020 07:52 WIB
    Trump Siap Bertemu Maduro dengan Satu Syarat
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku siap bertemu Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Ia bersedia bertemu Maduro meski selama ini bersitegang mengenai konflik internal di Venezuela, termasuk mengenai dukungan AS terhadap tokoh oposisi Juan Guaido.

    Tidak bertemu begitu saja, Trump mengajukan satu syarat utama: "Saya hanya akan bertemu Maduro untuk mendiskusikan satu hal: mundur dari kekuasaan secara damai!" tulis Trump di Twitter, dilansir dari Star Tribune, Senin 22 Juni 2020.

    Satu hari sebelumnya, media Axios melaporkan bahwa Trump melontarkan komentar 'hangat' mengenai pengakuan AS terhadap Guaido sebagai pemimpin sah di Venezuela.

    "Saya rasa saya tidak secara resmi mendukung (Guaido). Beberapa orang mungkin menyukai (dukungan AS terhadap Guaido), beberapa lainnya tidak. Saya tidak apa-apa mengenai hal tersebut," sebut Trump kepada Axios.

    Masih dalam wawancara yang sama, Trump mempertimbangkan bertemu Maduro meski petahana Venezuela itu baru-baru ini didakwa atas tudingan kasus penyelundupan narkotika dan obat-obatan terlarang.

    "Mungkin saya akan memikirkan ke arah sana, mungkin saya akan bertemu Maduro. Selama ini saya jarang menolak pertemuan," kata Trump.

    Komentar Trump mengguncang jabat media sosial di Venezuela. Banyak warganet mempertanyakan apakah ini artinya Trump sudah menarik dukungannya terhadap Guaido.

    Melalui Twitter, Trump terlihat mengubah intonasinya terhadap Maduro. "Saya selalu menentang sosialisme dan selalu akan ada di belakang masyarakat Venezuela," ungkapnya.

    "Pemerintahan saya selalu berada di sisi KEBEBASAN dan selalu menentang rezim penindasan Maduro," pungkas Trump.

    AS adalah satu dari sekitar 50 negara yang mendukung Guaido saat tokoh oposisi itu mengklaim kekuasaan pada awal 2019. Guaido menegaskan kekuasaan Maduro saat ini tidak asah.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id