Datangkan Ventilator dari Rusia, AS Dituding Langgar Sanksi

    Arpan Rahman - 06 April 2020 11:34 WIB
    Datangkan Ventilator dari Rusia, AS Dituding Langgar Sanksi
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Amerika Serikat dituding telah melanggar sanksi ekonomi yang dijatuhkannya sendiri dengan mendatangkan sejumlah ventilator dari Rusia. Padahal, perusahaan pembuat ventilator tersebut terkena sanksi ekonomi AS pada 2014.

    Ventilator merupakan salah satu jenis alat medis yang dapat membantu pernapasan pasien positif virus korona (covid-19).

    Merespons pengiriman ventilator, Kementerian Luar Negeri AS membantah bahwa Presiden Donald Trump telah melanggar sanksi ekonomi terhadap Rusia. Seorang pejabat Kemenlu AS menegaskan bahwa sanksi ekonomi tersebut tidak meliputi pengadaan pasokan medis.

    "Dana Investasi Langsung Rusia merupakan subjek dari beberapa sanksi di sektor ekuitas, yang tidak meliputi transaksi penyediaan peralatan dan pasokan medis," kata pejabat tersebut, dinukil dari Express, Senin 6 April 2020.

    Pengiriman ventilator terwujud usai Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara via telepon pada Senin pekan lalu. Rusia menyebut pengiriman ventilator sebagai bantuan kemanusiaan. AS membantahnya, dan mengatakan telah membayar untuk semua ventilator tersebut.

    Mencoba menenangkan situasi, juru bicara Kemenlu Rusia Maria Zakharova mengatakan kepada media lokal bahwa biaya kargo telah dibayar secara gabungan oleh AS dan juga Rusia.

    Ia menambahkan jika AS tidak menginginkan ventilator tersebut, maka Rusia dengan senang hati akan mengambilnya kembali.

    Pasokan ventilator akan diperuntukkan bagi wilayah-wilayah terdampak covid-19 di AS, terutama negara bagian New York. Gubernur New York Andrew Cuomo telah berulang kali meminta pemerintah federal untuk mengirim tambahan ventilator.

    Selain dari Rusia, negara bagian New York juga menerima bantuan ventilator dari Tiongkok -- negara tempat pertama kalinya covid-19 muncul di akhir 2019.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id