comscore

Kapsul Waktu 130 Tahun Ditemukan di Patung Konfederasi AS, Apa Isinya?

Medcom - 28 Desember 2021 16:29 WIB
Kapsul Waktu 130 Tahun Ditemukan di Patung Konfederasi AS, Apa Isinya?
Sebuah kapsul waktu ditemukan di bawah patung jenderal konfederasi AS di Richmond, Virginia, 27 Desember 2021. (AFP)
Virginia: Sekelompok pekerja yang membongkar alas patung jenderal Konfederasi Amerika Serikat (AS) di Richmond, Virginia, menemukan sebuah kotak tembaga pada Senin, 27 Desember. Kotak tersebut diyakini telah terkubur 130 tahun silam, dan menjadi kapsul waktu kedua yang ditemukan di situs tersebut.

"Mereka menemukannya!" tulis Gubernur Virginia Ralph Northam di Twitter. "Kemungkinan ini adalah kapsul waktu yang dicari semua orang," sambungnya.
Dilansir dari AFP, Selasa, 28 Desember 2021, menurut artikel surat kabar di tahun 1887, sebuah kapsul waktu tersembunyi di dasar patung Robert E. Lee, seorang jenderal yang memimpin Angkatan Darat Virginia Utara selama Perang Saudara AS

Kotak tembaga itu berisi beberapa relik, seperti kancing dan peluru, mata uang Konfederasi, peta, foto jasad Abraham Lincoln di peti mati, serta sejumlah barang lainnya.

Northam mengatakan, kotak tersebut akan dibuka pada Selasa pukul 13:00 waktu setempat. Ia menyebut kotak tersebut telah dipindai dengan Sinar-X.

"Para ahli percaya mungkin ada koin, buku, kancing, dan bahkan amunisi dari Perang Saudara," kata pejabat berusia 62 tahun tersebut.

Pekan lalu, sebuah wadah berukuran kotak sepatu ditemukan di dasar patung. Namun, kotak tersebut bukan kapsul waktu yang disebutkan dalam koran edisi 1887. 

Isi kotak sepatu itu adalah tiga buku yang tergenang air, sebuah foto dalam amplop kain, dan sebuah koin. Sejumlah benda tersebut tampaknya hanya merupakan kenang-kenangan, ditinggalkan untuk anak cucu oleh beberapa pekerja yang membuat patung tersebut.

Kapsul waktu yang ditemukan pada Senin kemarin berukuran dua kali lipat lebih besar dari kotak sepatu. Patung Lee di Richmond, kota Virginia yang merupakan ibu kota Selatan selama konflik berdarah 1861 hingga 1865, telah dirobohkan pada September lalu.

Baca:  Detik-detik Patung Tokoh Perbudakan AS Robert Lee Dibongkar

Patung tersebut menjadi salah satu dari sejumlah monumen Konfederasi pro-perbudakan di AS yang telah diruntuhkan dalam beberapa bulan terakhir.

Selama Perang Saudara, Konfederasi Selatan disebut memisahkan diri dari AS dan berjuang untuk mempertahankan perbudakan, di saat praktik tersebut telah dihapuskan di seantero Negeri Paman Sam. (Nadia Ayu Soraya)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id