comscore

AS Janji Berikan Dukungan Apapun untuk Ukraina Usai Peretasan Situs

Marcheilla Ariesta - 15 Januari 2022 14:16 WIB
AS Janji Berikan Dukungan Apapun untuk Ukraina Usai Peretasan Situs
Ilustrasi peretasan. (Medcom.id)
Washington: Amerika Serikat (AS) dan sekutunya menawarkan dukungan kepada Ukraina, di tengah penyelidikan dampak serangan siber yang menargetkan negara tersebut. Hal ini disampaikan juru bicara Dewan Keamanan Nasional (NSC) Gedung Putih.

Pejabat senior NSC mengatakan bahwa serangan merusak serangkaian website pemerintah Ukraina tampaknya bersifat terbatas. Saat ini, beberapa situs tersebut sudah kembali beroperasi seperti biasa.
Peretasan terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan AS beserta Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) atas isu Ukraina.

Ketegangan dipicu penumpukan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina. AS dan NATO khawatir Rusia dapat sewaktu-waktu menginvasi Ukraina. Moskow berulang kali membantahnya, dan mengaku hanya ingin meminta jaminan keamanan dari dunia Barat.

"Kami akan memberi Ukraina dukungan apa pun yang dibutuhkan untuk bisa pulih dari situasi saat ini," kata jubir NSC, dilansir dari Malay Mail, Sabtu, 15 Januari 2022.

Serangan siber terhadap Ukraina sempat mengganggu akses ke serangkaian website pemerintah. Peretas sempat meninggalkan pesan yang bertuliskan, "semua data pribadi dan data di komputer ini telah dihancurkan secara permanen."

"Semua informasi Anda sekarang bersifat publik," lanjut pesan tersebut.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengutuk keras peretasan itu. Ia mengatakan bahwa dalam beberapa hari ke depan, tim pakar dari negara-negara NATO akan berbagi informasi pertahanan siber dengan Ukraina.

Baca:  Situs Pemerintah Ukraina Diretas Usai Kebuntuan Dialog NATO-Rusia

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id