Pandemi Korona, Trump Minta Etnis Asia di AS Dilindungi

    Willy Haryono - 24 Maret 2020 09:48 WIB
    Pandemi Korona, Trump Minta Etnis Asia di AS Dilindungi
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Presiden Donald Trump menegaskan bahwa etnis Asia Amerika di Amerika Serikat tidak boleh disalahkan atas mewabahnya virus korona (covid-19). Pernyataan disampaikan usai dirinya diserang gelombang kritik usai menyebut covid-19 sebagai "Virus Tiongkok."

    Dalam konferensi pers rutin di Gedung Putih, Trump mengaku khawatir terhadap laporan yang menyebutkan banyaknya serangan verbal serta fisik terhadap etnis Asia Amerika di tengah pandemi covid-19.

    "Penting bagi kita semua untuk melindungi kelompok Asia Amerika di Amerika Serikat dan seluruh dunia," ungkap Trump, dikutip dari laman BBC, Selasa 24 Maret 2020.

    "Mereka adalah orang-orang yang luar biasa. Penyebaran virus ini bukan salah mereka sama sekali. Mereka juga bekerja keras bersama kita untuk bersama-sama menyingkirkan virus tersebut. Kita akan berjaya bersama," lanjutnya.

    Saat ditanya awak media mengenai "Virus Tiongkok," Trump menjawab: "Sepertinya ada banyak ucapan kotor terlontar di luar sana terhadap Asia Amerika di negara kita, dan saya sama sekali tidak menyukai itu."

    Sebuah studi terbaru dari San Francisco State University menunjukkan 50 persen peningkatan artikel berita yang melaporkan tindakan diskriminatif terhadap Asia Amerika di AS.

    Saat berbicara di Gedung Putih pekan kemarin, Trump menggunakan istilah "Virus Tiongkok" untuk menyebut covid-19. Ia menolak dikatakan rasis saat ditanya oleh awak media.

    "(Covid-19) memang datang dari Tiongkok. Saya tidak rasis sama sekali," tegasnya.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan panduan mengenai larangan menggunakan nama lokasi dalam melabeli suatu penyakit. Tujuan dari panduan WHO adalah menghindari terjadinya "stigmatisasi terhadap kelompok masyarakat tertentu."




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id