Inggris Mulai Gunakan Vaksin Moderna Rabu Ini

    Willy Haryono - 07 April 2021 16:44 WIB
    Inggris Mulai Gunakan Vaksin Moderna Rabu Ini
    Vaksin covid-19 buatan Moderna. (AFP)



    London: Pemerintah Inggris mulai menggunakan vaksin Covid-19 buatan perusahaan Moderna Inc. mulai Rabu ini, 7 April 2021. Masuknya vaksin Moderna semakin memperkuat program vaksinasi Covid-19 di Inggris di tengah kekhawatiran seputar efek samping serta pasokan vaksin AstraZeneca.

    Dilansir dari laman AFP, Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan bahwa vaksin Moderna akan pertama kali digunakan di Wales barat.






    Moderna merupakan vaksin Covid-19 ketiga yang mendapat izin penggunaan darurat di Inggris setelah AstraZeneca dan Pfizer-BioNTech.

    Penggunaan vaksin Moderna di Inggris terjadi lebih cepat dua pekan dari jadwal semula. Pemerintah Inggris telah memesan 17 juta dosis vaksin Moderna, yang cukup untuk memvaksinasi 8,5 juta orang.

    Kesuksesan program vaksinasi di Inggris merupakan hal krusial bagi Perdana Menteri Boris Johnson yang ingin sepenuhnya membuka kembali perekonomian negara pada 21 Juni mendatang.

    Selasa kemarin, ia mencoba meyakinkan warga Britania Raya bahwa vaksin AstraZeneca aman digunakan meski terjadi beberapa kasus efek samping di Eropa.

    Mengenai vaksin AstraZeneca, University of Oxford menangguhkan uji klinis vaksin tersebut di kalangan anak-anak. Penangguhan dilakukan saat regulator medis Inggris mengkaji kemungkinan terjadinya pembekuan darah terkait vaksin AstraZeneca di tubuh orang dewasa.

    Baca:  Moderna Memulai Uji Klinis Vaksin Covid-19 untuk Anak-Anak

    Perwakilan Oxford mengatakan kepada CNN bahwa uji klinis pada anak-anak dengan usia termuda 6 tahun ditangguhkan di tengah kajian yang sedang dilakukan regulator MHRA terkait pembekuan darah.

    MHRA menyarankan otoritas Inggris untuk terus menyuntikkan vaksin AstraZeneca di semua kelompok masyarakat, dengan mengatakan bahwa pembekuan darah sangat jarang terjadi dan manfaat dari vaksin tersebut jauh melampaui risikonya.

    Vaksin untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.

     

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id