comscore

Partai Berkuasa Jerman Pilih Ketua Baru, Siapa Favorit Merkel?

Marcheilla Ariesta - 16 Januari 2021 15:29 WIB
Partai Berkuasa Jerman Pilih Ketua Baru, Siapa Favorit Merkel?
Kanselir Jerman Angela Merkel. (AFP)
Berlin: Partai berkuasa di Jerman, Demokrat Kristen Jerman (CDU), akan memilih ketua baru. Pemilihan bertujuan menyatukan partai konservatif di bawah pemimpin baru yang diharapkan dapat menggantikan Kanselir Angela Merkel.

Merkel telah bersumpah untuk tidak mencalonkan diri lagi setelah memimpin sejak 2005. Ia juga yang memimpin pemilihan penggantinya tersebut.
Baca:  Keempat Kali Angela Markel Maju Jadi Kanselir Jerman

Pemimpin CDU baru akan dipilih oleh 1.001 delegasi dalam kongres digital. Secara tradisi, pemimpin partai berkuasa biasanya akan otomatis menjadi calon kanselir.

Anggota tengah Armin Laschet, tokoh konservatif Friedrich Merz, dan pakar kebijakan luar negeri Norbert Rottgen, bersaing untuk mendapatkan kepemimpinan CDU. Namun, jajak pendapat menunjukkan Markus Soeder, pemimpin Serikat Sosial Kristen (CSU) sangat populer di kalangan pemilih konservatif.

Beberapa anggota parlemen CDU juga menginginkan Menteri Kesehatan Jens Spahn untuk mencalonkan diri sebagai kanselir. Padahal, Spahn telah mendukung Laschet untuk memimpin partai.

Merkel sendiri mendesak CDU tetap berakar di poros tengah. Ini menandakan ia juga mendukung Laschet sebagai penggantinya.

Laschet dan Roettgen dalam kampanyenya diperkirakan akan melanjutkan aliran sentris Merkel yang lebih moderat. Sementara Merz, dalam kampanyenya, berjanji untuk menggeser partai ke arah kanan.

"Sebagai partai tengah rakyat, kami secara alami mencari solusi yang mengimbangi konflik dan selalu mempromosikan kohesi sosial," katanya dilansir dari France24, Sabtu, 16 Januari 2021.

"Ini yang selalu membedakan kami sebagai partai yang memerintah," tegasnya.


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id