Vaksin Covid-19 Kurang, Biden Salahkan Trump

    Marcheilla Ariesta - 12 Februari 2021 13:07 WIB
    Vaksin Covid-19 Kurang, Biden Salahkan Trump
    Presiden AS Joe Biden saat divaksinasi covid-19. Foto: AFP.


    Washington: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menyalahkan pendahulunya, Donald Trump dengan program vaksinasi covid-19. Menurutnya, dosis vaksin virus korona (covid-19) tidak mencukupi untuk memvaksinasi warga AS hingga musim panas mendatang.

    Hal ini disampaikan Biden saat berkunjung ke Laboratorium Patogenesis Viral di Institut Kesehatan Nasional AS. Ia mengatakan program vaksinasi yang diwariskan Trump sangat buruk dari yang dia perkirakan.




    Presiden yang baru dilantik 20 Januari lalu itu meminta rakyatnya bersabar dan mengumumkan pemerintah telah memberi lebih dari 200 juta dosis tambahan vaksin korona.

    "Kami tidak bisa memperbaiki semuanya untuk sementara waktu, tapi kami pasti akan memperbaikinya," tutur Biden, dilansir dari Malay Mail, Jumat, 12 Februari 2021.

    Biden menuturkan jika Trump tidak memesan vaksin covid-19 dalam jumlah yang memadai. Ia menyebutkan tim transisi pemerintahan telah disesatkan terkait dengan informasi pasokan vaksin covid-19.

    "Sementara para ilmuwan melakukan tugasnya menemukan vaksin dalam waktu singkat. Pendahulu saya, Donald Trump, tidak melakukan tugasnya dalam mempersiapkan diri untuk tantangan memvaksinasi ratusan juta jiwa," imbuh Biden.

    Baca juga: Inggris Vaksinasi Tunawisma dengan Tim Vaksin Keliling

    Sementara itu, mantan pejabat Gedung Putih yang terlibat dalam penanggulangan virus corona, Brian Morgenstern mengklaim, program Operation Warp Speed yang digulirkan di era Trump telah mempersiapkan rencana vaksinasi jauh-jauh hari sebelumnya. Program itu menurut dia juga dibantu oleh banyak pejabat karier yang kini masih bertugas di pemerintah AS.

    Biden memperkirakan jumlah kematian akibat virus korona di AS kemungkinan akan mencapai 500 ribu jiwa bulan depan. Dia pun mendesak masyarakat AS selalu memakai masker untuk mencegah penyebaran wabah.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id