Trump Bela Pidatonya Terkait Kerusuhan di Gedung Capitol

    Willy Haryono - 13 Januari 2021 06:10 WIB
    Trump Bela Pidatonya Terkait Kerusuhan di Gedung Capitol
    Presiden AS Donald Trump berbicara di pangkalan militer Joint Base Andrews dalam perjalanan menuju Alamo, Texas pada Selasa, 12 Januari 2021. (AFP)
    Maryland: Presiden Amerika Serikat Donald Trump membela pidatonya yang diyakini sejumlah pihak sebagai pendorong utama terjadinya aksi penyerbuan sekelompok orang ke Gedung Capitol di Washington DC pada 6 Januari lalu. Menurutnya, pidato tersebut "benar-benar layak" untuk disampaikan.

    Menyampaikan pernyataan publik untuk kali perdana sejak aksi kekerasan di area Capitol pada Rabu pekan lalu, Trump membela diri dan justru mencoba mengalihkannya ke isu lain.

    "Jika Anda membaca pidato saya, dan banyak yang sudah melakukannya, orang-orang merasa apa yang saya katakan benar-benar layak dan pantas," ucap Trump kepada awak media di pangkalan militer Joint Base Andrews dalam perjalanan menuju Alamo, Texas.

    "Dan jika Anda melihat apa yang orang lain katakan mengenai kerusuhan selama musim panas lalu, kerusuhan di Portland dan Seattle dan beberapa tempat lainnya, itulah masalah yang sesungguhnya," lanjut dia, dilansir dari laman Politico pada Selasa, 12 Januari 2021.

    "Mengenai pidato saya, semuanya sudah dianalisis, paragraf dan kalimat terakhirnya. Semua orang merasa semuanya sangat layak (disampaikan)," klaim Trump.

    Baca:  Tokoh Republik Sebut Trump Lakukan Pelanggaran Berat

    Dalam sebuah pidato di luar Gedung Putih pada Rabu pekan kemarin, Trump mengecam keras jajaran politisi dari Partai Demokrat dan beberapa dari Republik mengenai pemilihan umum AS. Ia kemudian mendorong para pendukungnya untuk bergerak ke arah Gedung Capitol di hari berlangsungnya pengesahan kemenangan presiden terpilih Joe Biden.

    "Kita semua akan berjalan ke Capitol, dan kita semua akan menyemangati para senator dan anggota kongres kita yang pemberani, dan kita mungkin tidak akan menyemangati beberapa dari mereka," seru Trump kepada para pendukungnya.

    "Anda semua tidak akan pernah bisa mengambil kembali negara kita dengan kelemahan. Anda semua harus memperlihatkan kekuatan, dan Anda semua harus kuat," ungkapnya.
     

    Halaman Selanjutnya
    Di hari yang sama, massa…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id