comscore

Rusia-AS Kembali Tegang, Keduanya Saling Usir Diplomat

Fajar Nugraha - 01 Desember 2021 18:04 WIB
Rusia-AS Kembali Tegang, Keduanya Saling Usir Diplomat
Bendera Rusia di sebuah gedung pemerintah di Moskow. Foto: AFP
Moskow: Kementerian Luar Negeri Rusia telah memerintahkan staf kedutaan Amerika Serikat (AS) yang telah berada di Moskow selama lebih dari tiga tahun untuk meninggalkan Rusia pada 31 Januari. Ini menambah ketegangan baru antara kedua Negara Adi Daya itu.

Langkah itu dilakukan setelah Duta Nesar Rusia untuk Amerika Serikat mengatakan pekan lalu bahwa 27 diplomat Rusia dan keluarga mereka diusir dari Amerika Serikat dan akan pergi pada 30 Januari.

 



Namun mengenai pengusiran dari Rusia, tidak ada komentar langsung dari Kedutaan AS di Moskow.

Sebelumnya pada Sabtu 28 November lalu, Duta Besar Anatoly Antonov mengatakan selama wawancara untuk saluran Youtube Live Soloviev bahwa "diplomat kami diusir."

"Sekelompok besar rekan saya, 27 orang dengan keluarga, akan meninggalkan kami pada 30 Januari," tambah Antonov, mencatat bahwa para pejabat "menghadapi kekurangan staf yang serius."

Pada Agustus, Antonov mengatakan bahwa 24 diplomat Rusia telah diminta oleh Amerika Serikat untuk meninggalkan negara itu pada awal September karena visa mereka kedaluwarsa.

“Sudah sampai pada titik di mana otoritas AS membatalkan visa yang sah dari pasangan dan anak-anak staf kami tanpa alasan yang diberikan. Penundaan yang meluas dalam memperbarui visa yang kedaluwarsa juga bertujuan untuk memaksa pekerja diplomatik Rusia keluar dari negara itu,” kata Antonov kepada The National Interest.

“Akibatnya, sekitar 60 rekan saya (130 bersama anggota keluarga) tidak dapat kembali ke tanah air mereka bahkan dalam keadaan kemanusiaan yang mendesak,” tambahnya.

Namun, juru bicara  Kementerian Luar Negeri Ned Price mengatakan dalam sebuah pernyataan pada saat itu bahwa "bukan hal baru" untuk meminta warga Rusia memperbarui visa mereka setelah tiga tahun dan mengklaim langkah itu bukan pembalasan.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id