Inggris Kembali Wajibkan Penggunaan Masker untuk Cegah Berkembangnya Omicron

    Marcheilla Ariesta - 01 Desember 2021 00:38 WIB
    Inggris Kembali Wajibkan Penggunaan Masker untuk Cegah Berkembangnya Omicron
    PM Inggris Boris Johnson. (AFP)



    London: Inggris kembali mewajibkan penggunaan masker sebagai langkah pencegahan covid-19. Varian baru Omicron tengah mengancam Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

    Dilansir dari Channel News Asia, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan langkah pencegahan wajib diberlakukan demi menghentikan penyebaran covid-19 varian Omicron.

     



    "Langkah-langkah yang berlaku hari ini adalah tindakan proporsional dan bertanggung jawab, dan ini akan memberikan waktu untuk berhadapan dengan varian baru ini," ucap Johnson.

    Per Selasa, 30 November 2021,  warga Inggris wajib memakai masker di tempat umum, seperti angkutan umum, pusat perbelanjaan, bank, dan salon. Seluruh pendatang dan pelaku perjalanan di Inggris juga wajib tes polymerase chain reaction (PCR) dua hari setelah ketibaan. Mereka turut diwajibkan isolasi mandiri sampai hasil keluar.

    Baca: Inggris Tingkatkan Pengawasan Terkait Varian Covid-19 Baru dari Afrika Selatan

    Menurut dia, langkah yang diambil tidak hanya untuk menghentikan penyebaran virus, tapi akan melindungi masyarakat. Dia berjanji kebijakan ini akan kembali dievaluasi dalam tiga pekan.

    Johnson juga menyatakan siap mempercepat booster vaksin bagi orang dewasa di Inggris. "Berdasarkan yang kami ketahui, vaksin dan booster tetap jadi garis depan pertahanan terbaik," tutur Johnson.

    Hingga saat ini, pemerintah Inggris melaporkan 11 kasus varian Omicron. Pemerintah memprediksi jumlah tersebut bertambah dalam waktu dekat.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id