Marah Besar! Nicolas Maduro Tuduh AS 'Culik' Diplomat Alex Saab

    Willy Haryono - 17 Oktober 2021 16:15 WIB
    Marah Besar! Nicolas Maduro Tuduh AS Culik Diplomat Alex Saab
    Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Federico PARRA / AFP)



    Caracas: Presiden Venezuela Nicolas Maduro marah besar kepada Amerika Serikat yang disebutnya telah "menculik" pebisnis dan diplomat asal Kolombia, Alex Saab. Kecaman dilayangkan usai AS mengekstradisi Saab dari Cape Verde atas tuduhan pencucian uang.

    Saab, yang juga memiliki status kewarganegaraan Venezuela, diketahui merupakan salah satu orang dekat Nicolas Maduro di bidang finansial.

    Otoritas AS telah lama membidik Alex Saab, meyakini bahwa ia memegang sejumlah rahasia mengenai bagaimana Maduro dan keluarganya mampu menyedot jutaan dolar dari berbagai kontrak pengadaan makanan dan perumahan di Venezuela.

    Baca:  AS Ekstradisi Alex Saab, Orang Dekat Presiden Venezuela Nicolas Maduro

    Namun para pembelanya, termasuk Nicolas Maduro dan Rusia serta Kuba, menilai penahanan serta ekstradisi Saab sebagai sesuatu yang ilegal. Alex Saab dinilai memiliki imunitas diplomatik karena merupakan seorang diplomat dan utusan Venezuela.

    Dalam sebuah pernyataan resmi, Pemerintah Venezuela mengecam "penculikan" Alex Saab yang dilakukan Saat bersama otoritas di Cape Verde.

    Pelanggaran HAM

    Pemerintah Republik Venezuela mengecam pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap seorang warga Venezuela yang bekerja sebagai diplomat, perwakilan dari negara kami," ucap pernyataan dari kantor kepresidenan Maduro, dikutip dari laman TRT World, Minggu, 17 Oktober 2021.

    Sabtu kemarin, Presiden Kolombia Ivan Duque memuji ekstradisi Alex Saab via laman Twitter, menyebutnya sebagai sebuah "kemenangan dalam perang melawan narkotika, pencucian uang, dan korupsi di bawah kediktatoran Nicolas Maduro."

    Sebagai balasannya, Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodiriguez mengatakan bahwa, "Alex Saab adalah seorang diplomat Venezuela, korban penculikan dan pelanggaran hak asasi manusia yang telah mengabdi kepada negara kami."(WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id