Pelaku Pembunuhan Norwegia Diperiksa Kesehatan Mentalnya

    Marcheilla Ariesta - 16 Oktober 2021 12:55 WIB
    Pelaku Pembunuhan Norwegia Diperiksa Kesehatan Mentalnya
    Foto dari video tertanggal 14 Oktober 2021 memperlihatkan pria bernama Espen Andersen Brathen. (- / AFP)



    Kongsberg: Polisi menduga pelaku pembunuhan Norwegia yang menggunakan busur panah dan menewaskan lima orang mengidap penyakit mental. Pelaku, Espen Andersen Brathen, saat ini sudah ditahan di fasilitas medis sambil menunggu evaluasi psikiatrinya.

    "Hipotesis terkuat setelah penyelidikan awal adalah penyakit (mental)," kata inspektur polisi Per Thomas Omholt, dilansir dari BBC, Sabtu, 16 Oktober 2021.

     



    Serangan yang dilakukan Brathen merupakan yang terburuk di Norwegia sejak ekstremis sayap kanan Anders Breivik membantai 77 orang sekitar satu dekade lalu.

    Brathen merupakan seorang mualaf asal Denmark. Pembunuhan yang dilakukannya telah menewaskan lima orang di Norwegia pekan ini.

    "Saat kini polisi masih menyelidiki berbagai motif pembunuhan Norwegia, termasuk kemarahan, balas dendam, impuls, ekstremisme, penyakit dan provokasi," lanjut Omholt.

    Baca:  Pelaku Serangan Panah di Norwegia Diduga Bertindak Sendiri

    Evaluasi psikiatri penuh diperlukan untuk menentukan apakah Brathen dapat dimintai pertanggungjawaban secara hukum atas pembunuhan Norwegia. Ini bisa memakan waktu beberapa bulan.

    "Hal ini menunjukkan bahwa segala sesuatunya tidak persis seperti yang terlihat," kata pengacara Brathen, Fredrik Neumann, merujuk pada kesehatan mental kliennya.

    "Penilaian yudisial yang lengkap akan mengklarifikasi hal itu," lanjut dia.

    Kepala dinas intelijen PST Norwegia, Hans Sverre Sjovold, mengatakan Brathen telah masuk dan keluar dari sistem perawatan kesehatan Norwegia untuk beberapa waktu.

    Sebelumnya, Brathan disebut telah terkena radikalisasi. Polisi juga sudah menetapkan pembunuhan Norwegia ini sebagai serangan teror.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id