comscore

Bolsonaro Pantau Area Terdampak Hujan Deras di Brasil

Willy Haryono - 31 Mei 2022 07:30 WIB
Bolsonaro Pantau Area Terdampak Hujan Deras di Brasil
Kerusakan akibat longsor di Jardim Monte Verde, Recife, Brasil, 30 Mei 2022. (Sergio MARANHAO / AFP)
Recife: Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dari 91 orang yang meninggal dunia akibat terkena dampak buruk hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Sebanyak 26 orang juga masih dinyatakan hilang di area sekitar kota Recife, di mana hujan deras telah memicu banjir dan tanah longsor.

Melalui Twitter, Bolsonaro merilis sebuah video yang memperlihatkan dirinya menaiki helikopter di atas area bencana, di mana banjir terlihat merendam banyak permukiman warga.
"Saya mencoba untuk mendarat, tapi menurut rekomendasi pilot, tanahnya tidak stabil dan bisa memicu kecelakaan. Akhirnya kami tidak jadi mendarat," kata Bolsonaro, dikutip dari TRT World, Selasa, 31 Mei 2022.

Ia menyinggung kembali serangkaian bencana banjir di Brasil yang telah menewaskan ratusan orang dalam beberapa bulan terakhir. Sejumlah pakar menilai kondisi cuaca buruk di Brasil dipengaruhi perubahan iklim.

"Kami telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban. Prioritas utama kami adalah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak," ucap Bolsonaro.

Beberapa permukiman warga di sekitar Recife, termasuk di Jardim Monte Verde, terkena dampak banjir dan longsor. Petugas penyelamat telah menemukan lebih dari 20 jasad yang terkubur di balik lumpur sepanjang Sabtu kemarin.

Dikhawatirkan angka kematian di area sekitar Recife akan terus bertambah.

Baca:  Korban Tewas Banjir dan Longsor di Brasil Jadi 84 Orang

"Saya tidak bisa makan atau tidur. Situasinya sangat buruk di sini," kata Maria Lucia da Silva, seorang warga lokal. Ia mengatakan beberapa rumah tetangganya hancur, dan menewaskan setidaknya 11 orang.

"Saya sudah tinggal di sini selama 40 tahun. Mereka sudah seperti keluarga saya," sambungnya sembari menangis.

Pada akhir Desember 2021 dan awal Januari 2022, puluhan orang tewas dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal setelah hujan deras mengguyur negara bagian Bahia di Brasil. Di bulan itu, setidaknya 18 orang tewas dalam banjir di Sao Paulo.
 
Satu bulan setelahnya, hujan deras di pegunungan Rio de Janeiro menewaskan lebih dari 230 orang.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id