comscore

Brasil Mulai Memvaksinasi Anak-Anak Meski Ditentang Presiden Bolsonaro

Willy Haryono - 15 Januari 2022 08:31 WIB
Brasil Mulai Memvaksinasi Anak-Anak Meski Ditentang Presiden Bolsonaro
Seorang anak menerima suntikan vaksin Covid-19 di Sao Paulo, Brasil, 14 Januari 2022. (NELSON ALMEIDA / AFP)
Brasilia: Brasil mulai menjalankan vaksinasi Covid-19 di kalangan anak-anak berusia lima hingga 11 tahun pada Jumat, 14 Januari 2022, setelah program tersebut mendapat persetujuan otoritas kesehatan namun ditentang Presiden Jair Bolsonaro.

Davi Seremramiwe Xavante, seorang bocah delapan tahun dari salah satu suku pribumi Brasil, menjadi anak pertama yang divaksinasi di negara tersebut dalam seremoni di sebuah rumah sakit di Sao Paulo. Penyuntikan perdana vaksin Covid-19 di Brasil pada Januari 2021 juga berlangsung di Sao Paulo.
Vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 5-11 tahun di Brasil telah mendapat persetujuan otoritas kesehatan Anvisa satu bulan lalu.

Dikutip dari AFP, lebih dari 20 juta anak-anak di Brasil telah memenuhi persyaratan untuk menerima vaksin Pfizer-BioNTech, dengan catatan sudah mendapat persetujuan dari orang tua masing-masing. Anak dari suku pedalaman dan yang memiliki masalah kesehatan diprioritaskan.

Sebelumnya, Bolsonaro telah berulang kali menentang vaksinasi Covid-19 di kalangan anak-anak. Ia pernah menegaskan bahwa dirinya tidak akan pernah memvaksinasi anak perempuannya yang berumur 11 tahun, Laura.

Belum divaksinasi hingga saat ini, Bolsonaro sempat memicu kegaduhan karena meminta nama-nama individu yang membolehkan vaksinasi di kalangan anak-anak diumumkan ke publik.

Baca:  Jair Bolsonaro Putuskan untuk tidak Divaksinasi

Sebuah asosiasi yang mewakili jajaran Anvisa mengecam "metode fasis" Bolsonaro. Anvisa telah meminta polisi untuk melindungi staf mereka dari ancaman terkait langkah Bolsonaro.

Menurut data Kementerian Kesehatan Brasil, lebih dari 300 anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun di negara tersebut telah meninggal akibat Covid-19. Sementara total kematian akibat Covid-19 di Brasil sejak awal pandemi telah melampaui 620 ribu.

Angka kasus harian Covid-19 di Brasil telah melonjak tajam sejak varian Omicron masuk ke sana pada akhir November. Kamis kemarin, jumlahnya hampir mencapai 100 ribu setelah dua pekan sebelumnya hanya di bawah 6.000.

Satu hari sebelumnya, infeksi harian Covid-19 di Brasil mencapai 112.286 dalam periode 24 jam, hampir mendekati rekor 115.228 pada 23 Juni 2021.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id