Menlu Prancis Ancam Beri Sanksi Rusia Jika Navalny Meninggal

    Marcheilla Ariesta - 22 April 2021 23:31 WIB
    Menlu Prancis Ancam Beri Sanksi Rusia Jika Navalny Meninggal
    Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny. Foto: AFP



    Prancis: Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengancam Rusia jika pengkritik Presiden Vladimir Putin, Alexei Navalny, meninggal karena mogok makan. Mereka mengatakan Uni Eropa juga akan memberikan sanksi baru bagi negara itu.

    "Serangan tanpa henti terhadap Navalny ini tidak tertahankan. Kami akan mengambil sanksi yang diperlukan dan hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Putin serta otoritas Rusia," kata Le Drian, dilansir dari AFP, Kamis, 22 April 2021.

     



    Navalny tahun lalu selamat dari serangan racun saraf yang diduga dilakukan pihak berwenang Rusia. Namun, kini kondisinya kurus dan lemah setelah ia mogok makan selama tiga pekan di penjara.

    Dia dipenjara pemerintah Rusia karena kritikannya terhadap Presiden Putin. Sekutu Navalny mengatakan ia berisiko mengalami gagal ginjal atau serangan jantung jika masih terus mogok makan.

    Baca: Presiden Ukraina Undang Putin Bertemu untuk Akhiri Ketegangan

    "Saya harap kami tidak akan sampai (memberikan sanksi) ekstrem," ucap Le Drian.

    Le Drian juga mengecam pengerahan ribuan pasukan Rusia di perbatasan dengan Ukraina timur. Hal tersebut perlu ditangani melalui diskusi daripada sanksi.

    "Dia (Putin) adalah tetangga yang terkadang berbahaya, tapi dia masih di sana, jadi kami perlu terus melakukan dialog," seru dia.

    Menurut dia, ini bukan keinginan Rusia untuk melakukan tindakan militer terhadap Ukraina. "Tapi menempatkan pasukan di perbatasan berisiko menimbulkan kecelakaan," seru dia.

    Ukraina saat ini berusaha mencari dukungan internasional dalam kebuntuan hubungannya dengan Rusia. Pasalnya, pasukan yang dikerahkan Moskow semakin bertambah di perbatasan timur dan di Krimea, wilayah yang dianeksasi Rusia dari Kiev pada 2014.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id