WHO: Tidak Ada Solusi Instan untuk Atasi Covid-19

    Willy Haryono - 04 Agustus 2020 07:26 WIB
    WHO: Tidak Ada Solusi Instan untuk Atasi Covid-19
    Logo di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (Foto: AFP)
    Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta masyarakat global untuk memahami bahwa tidak ada solusi instan yang dapat menyelesaikan masalah pandemi virus korona (covid-19) dengan cepat. Untuk itu, ia sekali lagi menekankan semua orang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak sosial (social distancing), mencuci tangan, dan menggunakan masker.

    Saat ini, berdasarkan data Johns Hopkins University, angka kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 18 juta. Sementara angka kematiannya berada di kisaran 689 ribu.

    Berbicara dari markas WHO di Jenewa, Tedros mengatakan salah satu solusi mengatasi pandemi covid-19 yang dinanti-nantikan banyak orang adalah munculnya vaksin efektif.

    "Sejumlah vaksin berada dalam uji klinis fase ketiga, dan kita semua berharap vaksin efektif dapat mencegah masyarakat dari infeksi (covid-19)," kata Tedros, dilansir dari laman BBC, Selasa 4 Agustus 2020.

    "Namun, sejauh ini tidak ada solusi ajaib nan instan, dan mungkin tidak akan pernah ada," sambungnya.

    "Untuk saat ini, menghentikan wabah hanya bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan publik dan menerapkan langkah-langkah pengendalian penyakit, yakni melakukan tes, mengisolasi, mengobati pasien, mendeteksi dan mengkarantina kontak-kontaknya," sebut Tedros.

    Banyak negara dan organisasi global terus berlomba-lomba mengembangkan vaksin covid-19. Di Rusia, sebuah vaksin sedang dikembangkan dan disebut-sebut akan segera diloloskan regulator kesehatan.

    Setelah nantinya diloloskan, vaksin itu akan diberikan dalam sebuah program vaksinasi massal pada Oktober mendatang.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id