Lima Pelaut Kapal Induk AS Kembali Terinfeksi Covid-19

    Willy Haryono - 16 Mei 2020 11:06 WIB
    Lima Pelaut Kapal Induk AS Kembali Terinfeksi Covid-19
    Kapal induk USS Theodore Roosevelt bersama beberapa kapal lainnya. (Foto: AFP)
    Washington: Lima pelaut di kapal induk Amerika Serikat USS Theodore Roosevelt kembali dinyatakan positif virus korona (covid-19) usai terlihat pulih dari penyakit tersebut. Kabar ini memaksa Angkatan Laut AS meningkatkan langkah-langkah karantina di USS Roosevelt.

    Kelima pelaut dinyatakan positif covid-19 usai USS Theodore Roosevelt berlabuh di Guam pada Maret lalu. Mereka semua diizinkan kembali ke kapal usai dua tes covid-19 menunjukkan hasil negatif.

    Kemunculan kembali covid-19 di tubuh pasien sembuh menjadi pertanyaan besar bagi para ilmuwan, terutama dalam bidang imunitas. Terdapat pertanyaan besar mengenai apakah pasien sembuh covid-19 sudah benar-benar terbebas dari virus tersebut atau tidak.

    Angkatan Laut AS mengatakan, kelima pelaut melaporkan kemunculan beberapa gejala penyakit pada Jumat kemarin. Setelah diperiksa, kelimanya ternyata kembali positif covid-19.

    "Para pelaut ini mengalami gejala mirip flu. Mereka sudah melakukan tindakan tepat dengan melaporkannya ke unit medis," ucap Angkatan Laut AS, dilansir dari New York Post.

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu 16 Mei 2020, total kasus covid-19 di AS telah melampaui 1,4 juta dengan 87 ribu lebih kematian dan 250.747 pasien sembuh.

    Sekitar 1.000 dari total 4.000 kru USS Theodore Roosevelt dinyatakan positif covid-19 saat kapal tersebut berlabuh di Guam. Sebagian dari mereka sudah diizinkan bertugas, sebagian lainnya masih harus menjalani perawatan dan karantina.

    Mewabahnya covid-19 di USS Theodore menjadi sorotan nasional AS setelah kapten kapal tersebut, Brett Crozier, menuliskan surat permintaan tolong kepada pemerintah. Surat itu bocor ke media, yang kemudian berujung pada pemecatan dirinya oleh pelaksana tugas Angkatan Laut AS saat itu, Thomas Modly.

    Modly kemudian mengundurkan diri di tengah kritikan terhadap dirinya yang memecat Crozier. Saat ini Crozier ditugaskan sementara sebagai salah satu staf Angkatan Laut AS di San Diego.

    Sementara itu di Korea Selatan, sebuah studi terbaru dilakukan terhadap 277 pasien yang terlihat terjangkit kembali covid-19. Hasil studi menunjukkan tidak adanya infeksi aktif di tubuh 277 pasien, melainkan hanya covid-19 yang berada dalam kondisi mati. Virus yang sudah mati itu tetap terbaca positif dalam tes.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id